Premium Leaderboard (970x90) - Wisata

Uji Nyali Menginap di Hotel Ini

Reporter: Ilham Hassan - Editor: Edi Priatna -

Rabu, 1 Juli 2020 | 12:18 WIB

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – Salah satu inovasi di sektor wisata menarik perhatian traveler akhir-akhir ini adalah hotel gantung. Tak main-main, hotel yang berada di Purwakarta ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia.

Hotel gantung yang diberi nama Sky Lodge Pajajaran Anyar ini berada di sisi tebing Gunung Parang, Purwakarta, dengan ketinggian 400-900 meter. Digagas sejak akhir tahun 2014, hotel gantung ini merupakan ide dari masyarakat penggiat panjat tebing Purwakarta Badega Gunung Parang dan juga Bupati Purwakarta.

Dalam pembangunannya, masyarakat penggiat panjat tebing dari Badega Gunung Parang dibantu tim arsitek ARCTech dan profesional ahli. Mereka juga mengalkulasi bagian-bagian rumit antara desain, berat, dan kekuatan bangunan ini.

Tak hanya itu, mereka juga memperhitungkan beberapa hal lain seperti faktor alam yaitu hujan, petir dan sebagainya dengan perhitungan yang sangat matang. Mereka juga menyatakan bahwa tali besi yang digunakan untuk menopang berat Sky Lodge yang tersebar di berbagai ketinggian itu dapat menahan beban seberat 50 ton. Jadi para pengunjung tak perlu khawatir!

Ada 11 kapsul kamar yang menggantung di sisi tebing Tower 3 Gunung Parang dengan kapsul berukuran 2,5 x 6 meter hingga 8 meter. Kapsul tersebut mampu menampung dua hingga lima orang.

Untuk sampai di hotel gantung, para tamu harus memanjat tebing melalui via ferrata yang telah disediakan hingga titik ketinggian 500 meter. Jangan khawatir karena ada tempat peristirahatan di titik ketinggian 200 meter. Seetelah melalui via ferrata, Anda juga harus menyeberang menggunakan tylorean untuk sampai di hotel gantung.

Download Aplikasi