Saturday , 17 April 2021

Soto Gerabah, Tradisi Makan Kerajaan Majapahit


210408105951-Soto-.jpg

Source: Doc. [email protected]_gerabah_mbok_tuginem

Ilustrasi - Soto Gerabah.*

18NEWS.ID,-- Soto dikenal sebagai makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah. Uniknya setiap soto yang ada didaerah memiliki cita rasa yang berbeda.

Soto, bisa dibilang merupakan kuliner dengan banyak varian. Meskipun dipercaya merupakan tercipta dari akulturasi budaya Tionghoa, namun rasanya tak berlebihan jika Soto kemudian menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Salah satu varian soto yang sedikit berbeda dengan yang lainnya ialah Soto Gerabah. Sesuai namanya, soto ini disajikan dengan peralatan yang terbuat dari gerabah, baik mangkok maupun sendok yang digunakannya. Selain itu citrasa soto ini sangat gurih, dengan bumbu rempah rempah yang merupakan ramuan tradisional, kelezatan soto ini tidak bergantung dengan bahan penyedap rasa.

Biasanya, sayuran yang digunakan dalam soto ini adalah sayur sawi, dan juga dipadu dengan mie sohun, serta bawang goreng, irisan kentang goreng serta daging ayam yang kemudian menyempurnakan sajian soto yang konon berasal dari Solo ini.

Dipercaya gaya makan dengan menggunakan peralatan dari gerabah ini merupakan warisan budaya dari jaman kerajaan Majapahit. Menyantap soto ini juga semakin lengkap rasanya jika didampingi teh sereh sebagai minumannya.

Untuk isian dari soto gerabah ini sama seperti soto lain pada umunya seperti nasi, suwiran ayam, kol, seledri dan juga bihun. Harga soto gerabah juga cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga Rp 8.000 per porsi.

Nah kalo untuk tempatnya, Sahabat bisa berkunjung ke jalan Prof. Dr. Supomo No 57 Pasar Beling, Solo. Disini Sahabat bisa melihat nuansa ornamen gerabah dominan. Mulai dari dekorasi kendi hingga mangkuk soto beserta sendok dan gelas minumannya semuanya terbuat dari gerabah. Gerabah-gerabah seperti menjadi bagian penting dari sajian makanan yang ditawarkan di kedai ini.

Nah ada satu lagi yang unik, ketika pengunjung datang ke kedai ini para pengunjung yang datang akan ditemani alunan musik keroncong yang akan dimainkan ketika makan. Alunan musik tradisional yang dimainkan ini menjadikan nuansa santai sembari menikmati soto menjadi menyenangkan. Nuansa Jawa yang begitu kental sangat terasa ditempat ini.*

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi