Premium Leaderboard (970x90) - Wisata

Padang Mangateh, New Zealand Ala Sumatra Barat

Reporter: Deasy Juliani - Editor: Edi Priatna -

Jumat, 19 Juni 2020 | 16:13 WIB

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – Siapa sangka, tanah Minang punya kawasan padang rumput dengan peternakan sapi ala New Zealand. Bahkan peternakan ini menjadi area peternakan terbesar di Asia Tenggara. Namanya Padang Mangateh.

Lokasinya di kaki Gunung Sago, Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, sekitar 8 km dari Kota Payakumbuh. Selain tempat peternakan sapi, tempat ini juga digunakan untuk meneliti dan belajar berternak dengan baik dan benar.

Tempat ini memiliki sejarah panjang. Pertama kali didirikan di zaman Hindia Belanda tahun 1916. Awalnya tempat ini didirikan sebagai tempat pengembangbiakan kuda. Pada tahun 1935, Belanda mendatangkan sapi unggulan dari India untuk uji coba pengembangbiakan bibit sapi, namun sayangnya gagal.

Sejak kegagalan tersebut, peternakan ini nyaris tutup. Namun, di tahun 1950, Wakil Presiden Indonesia pertama, Moh. Hatta melakukan pemugaran sehingga terbentuklah Sentra Peternakan yang dikelola Pemerintah dengan nama  Induk Taman Ternak.

Ribuan ekor sapi dilepas di sepanjang area padang rumput. Tempat ini di buka untuk masyarakat umum dan cukup hits dipromosikan sebagai destinasi wisata andalan kota Payakumbuh. Hingga saat ini, Padang Mangateh masih menjadi rekomendasi kawasan wisata yang patut dikunjungi jika bertandang ke negeri ‘galamai’ ini.

Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya sekedar untuk melihat-lihat, mengajak keluarga untuk menikmati alam yang hijau dan sejuk. Sekedar untuk merelaksasi pikiran dan melepas penat dari pekerjaan yang menumpuk. Ada juga yang datang karena memiliki hobi fotografi dan memperoleh lokasi foto yang instagramable.

Selain bisa menikmati suasana bak negeri Frodo, para pengunjung juga bisa hiking ke Gunung Sago sambil melihat keindahan kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. Pagi hari adalah waktu terbaik berkunjung kesini. Selain cerah dan udara yang masih sejuk, suasana seperti di New Zealand akan manjakan mata. 

Download Aplikasi