Premium Leaderboard (970x90) - Wisata

Cikobis, Ngopi Edukasi Berkeliling Ciamis

Reporter: Mohammad Aziz Pratomo - Editor: Mohammad Aziz Pratomo

Rabu, 13 Januari 2021 | 12:21 WIB

210113122902-.jpeg

Source: Doc. 18news.id

CIKOBIS, Ciamis Kopi Bis.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID, Ciamis – CIKOBIS atau Ciamis Kopi Bis ini merupakan satu inovasi yang baru diluncurkan belum lama ini oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis. Cikobis merupakan program Dinas Pariwisatan Kabupaten Ciamis dan Badan Promos Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis untuk menarik minat wisatawan.  

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia mengatakan bahwa Cikobis merupakan salah satu upaya untuk mendorong bangkitnya perekonomian di Ciamis. Karena, kondisi pandemi yang belum dapat diatasi sepenuhnya, pemerintah tidak boleh terpuruk dalam perekonomian.

“Semoga inovasi Cikobis ini, bisa menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Ciamis,” ungkap Budi saat berkeliling Ciamis bersama tim 18News.id di dalam Cikobis, belum lama ini.

Menurutnya kopi adalah salah satu potensi besar yang dimiliki Kabupaten Ciamis dan harus dikenalkan kepada masyarakat luas. Selain, promosi produk kopi, program cikobis ini sekaligus mengenalkan  berbagai potensi pariwisatanya.

Di dalam Cikobis, para wisatawan dapat merasakan suasana seperti kafe di dalam bus, ada gelaran musik pengiring sembari ditemani tour guide untuk menjelaskan perihal tentang ciamis. Wisatawan juga akan diajak menikmati nikmatnya kopi sambil berkeliling Ciamis.

Cikobis memiliki enam rute yang akan dilewati. Diantaranya seperti city tour ALBAiK, Kawali, Panjalu, Karangkamulyan, Cihaurbeuti, dan Sumber Jaya Trans. Setiap penumpang yang ingin menikmati secangkir kopi dalam bus itu hanya dikenakan biaya sebesar Rp 50 - 75 ribu rupiah saja per orangnya.

Sesi foto saat berkunjung ke museum keraton Selagangga. Doc. 18news.id

“hebat selain ngopi dalam bis, saya juga belajar banyak mengenai sejarah dan keunikan yang dimiliki Ciamis, tour guidenya juga sangat ramah,” ungkap Tsaqib, salah seorang penumpang cikobis kepada tim 18News.id.

Budi berharap Cikobis dapat mendorong pemberdayaan UKM-UKM dan mengangkat gairah perkembangan pariwisata di Ciamis.*

 

 

Download Aplikasi