Premium Leaderboard (970x90) - News

Akhirnya Aklamasi, Sugianto Terpilih Sebagai Ketua DPD Golkar Kabupaten Bandung

Reporter: Deddy Ruswandi - Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Senin, 22 Februari 2021 | 06:26 WIB

210221213649-.jpg

Source: istimewa

H Sugianto, terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung periode 2021-2026, pada Musda X DPD Partai Golkar Kab Bandung, di Soreang, Sabtu (20/2/2021).

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID, SOREANG -- Sempat beberapa kali diundur, Musyawarah Daeràh (Musda) X Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Bandung, akhirnya digelar, Sabtu (20/2/2021), di sebuah hotel di Soreang, Kabupaten Bandung.

Meski Musda sempat diwarnai aksi walk out dari sebagian peserta, namun suasana akhirnya mencair dan sepakat untuk mendukung H Sugianto S.Ag, menjadi Ketua DPD Golkar Kabupaten Bandung. 

Secara aklamasi Sugianto pun akhirnya dinobatkan sebagai Ketua DPD Golkar Kabupaten Bandung masa bàkti 2021-2026, menggantikan H Dadang M Naser.

Pria yang biasa disapa Sugih ini, mengatakan, atas terpilihnya secara aklamasi, bisa kembali membangun kebersamaan dengan seluruh keluarga besar partai berlambang pohon beringin ini.

"Saya ucapkan terimakasih atas musyawarah mufakat yang telah menetapkan saya sebagai ketua terpilih secara aklamasi," kata Sugianto kepada wartawan, setelah dirinya dipastikan terpilih. 

Menurut Sugih, terpilih secara aklamasi bila diceritakan prosesnya sangat panjang. "Namun prinsipnya, melalui aklamasi ini kita dapat kembali bisa membangun kebersamaan dengan seluruh keluarga besar Partai Golkar di Kabupaten Bandung untuk kemenangan kita di tahun 2024,” kata Sugih, yang sebelumnya sebagai Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Bandung ini. 

Ketua DPRD Kabupaten Bandung ini merasa optimis akan membawa raihan suara 39 persen Partai Golkar Kabupaten Bandung pada Pemilu tahun 2024.

Perwakilan DPD Golkar Jawa Barat, Hj. Cucu Sugiati mengatakan, pelaksanaan Musda X di Kabupaten Bandung itu sudah sesuai mekanisme partai, dan berjalan lancar.

Dia berharap, terpilihnya Sugianto sebagai ketua diharapkan bisa menjalankan roda organisasi partai Golkar di Kabupaten Bandung dengan baik.

"Harapannya banyak. Dengan terpilihnya Pak Sugianto bisa membawa Golkar Kabupaten Bandung kedepan lebih baik dari hari ini. Golkar Kabupaten Bandung harus tetap menjadi yang pertama," tegasnya, kepada wartawan.

Cucu juga menilai aksi Walk Out pada Musda X ini sebagai dinamika demokrasi. "Itu dinamika, sudah biasa ketika ada aksi saat pelaksaanaan musyawarah. Yang pasti, pelaksanaan musda sudah sesuai dengan mekanisme organisasi Partai Golkar," tuturnya.

Sedangkan Ketua Organisasi Partai Golkar Jawa Barat, Yoga, mengatakan, dinaka dalam Musda itu hal yang wajar. "Itulah Golkar harus memberikan contoh dalam berdemokrasi," ucap Yoga.

Yang penting, tutur dia, segala dinamika yang terjadi selama pelaksanaan Musda,  pada akhirnya mengkerucut pada kesepakatan dalam satu keputusan untuk kemajuan Partai Golkar.

Karier di Partai Golkar, H Sugianto,  tercatat sebagai Sekretaris di DPD Partai Golkar, hingga tiga masa kepemimpinan. Mulai dari kepemimpinan H. Obar Sobarna (Mantan Bupati Bandung),  H. Hilman Sukiman (Mantan Ketua DPRD)  dan terakhir masa H. Dadang M. Naser (Mantan Bupati Bandung).

Sebelumnya H Sugianto, diprediksi bakal menang di Musda X, karena dinilai memiliki kreteria dan layak untuk memimpin sebagai Ketua DPD Partai Golkar periode 2021 - 2026.

Selain memiliki kriteria dan berbagai pengalaman, Sugianto juga tercatat telah menjadi pengurus di Partai Golkar. Antara lain, Sekretaris LPP Partai Golkar Kabupaten Bandung tahun 2004, Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung tahun 2004-2007, Sekretatis DPD Partai Golkar tahun 2007 - 2009, Sekretaris DPD Partai Golkar tahun 2007 - 2015, dan Sekretaris DPD Partai Golkar tahun 2015 - 2020.

Sugianto, sempat pula aktif di HMI Cabang Soreang pada tahun 1996 dengan jabatan Wakil Ketua, dan DPD AMPI Kabupaten Bandung tahun 1999 dengan Jabatan wakil sekertaris, serta pernah menjabat sebagai Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Bandung pada tahun 2021.

Disamping karier lain yang pernah dialaminya dan dijabat, seperti halnya saat ini H. Sugianto S.Ag.Msi, ia menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bandung periode 2019 - 2024.*

Download Aplikasi