Friday , 14 May 2021

Lebih Jauh Mengenal Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi


201222223142-Lebih.png

Source: Dok. Ekonomibisnis.com

Lebih-Jauh-Mengenal-Menteri-Perdagangan,-Muhammad-Lutfi

18NEWS.ID, Jakarta -- Presiden RI Joko Widodo menunjuk sosok Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju menggantikan Agus Supramanto.

Pengumuman Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan dilakukan Presiden didampingi Wapres Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa petang.

Dirilis Antara, Muhammad Lutfi adalah sosok yang berpengalaman. Pria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1969 ini pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal pada tahun 2005-2009.

Dia kemudian menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia masa jabatan 2010-2013.

Dia lalu ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan RI pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono selama beberapa bulan, untuk masa jabatan 14 Februari-20 Oktober 2014.

Selanjutnya di era kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin, Muhammad Lutfi ditugaskan menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Muhammad Lutfi lahir dari pasangan Firdaus Wadjdi dari Minangkabau dan Suhartini yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah.

Pria yang sempat mengenyam pendidikan di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat ini pernah mengembangkan usaha bersama dengan Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy.

Mereka mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media. Di perusahaan tersebut, Lutfi menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO.

Pada usia 29 tahun, dia menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Raya (Hipmi Jaya) periode 1998-2001, kemudian menjadi Ketua Nasional Hipmi pada periode 2001-2004.*

 

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi