Saturday , 17 April 2021

Rusia Daftarkan Vaksin Covid-19 Pertama untuk Hewan


210401095820-.jpg

Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Yelena Afonina/TASS/rwa/cfo.

Ilustrasi vaksin - Seorang petugas medis melakukan tes antibodi sebelum menyuntikkan vaksin Gam-COVID-Vac (dipasarkan sebagai Sputnik) saat vaksinasi COVID-19 di klinik rawat jalan no. 2, di Grozny, Rusia, Sabtu (19/12/2020).*

18NEWS.ID, Moskow – Rusia mendaftarkan vaksin COVID-19 pertama untuk hewan, kata badan pengawas keamanan pertanian, Rosselkhoznadzor, pada Rabu (31/3/2021).

Melansir dari antara, Rusia sudah mempunyai tiga vaksin COVID-19 untuk manusia, dengan vaksin Sputnik V yang paling populer. Moskow juga menyetujui penggunaan darurat dua vaksin COVID lainnya, yakin EpiVacCorona dan CoviVac.

Vaksin untuk hewan, yang dikembangkan oleh salah satu unit Rosselkhoznadzor, dinamai Carnivac-Cov, katanya.

"Uji klinis Carnivac-Cov, yang dimulai pada Oktober lalu, melibatkan hewan anjing, kucing, rubah Arktik, cerpelai, rubah dan berbagai hewan lainnya," Wakil Kepala Rosselkhoznadzor Konstantin Savenkov, menerangkan.

"Hasil uji klinis memungkinkan kami untuk menyimpulkan bahwa vaksin tersebut tidak berbahaya dan sangat imunogenik karena semua hewan yang divaksin menunjukkan antibodi terhadap virus corona pada 100 persen kasus."

Kekebalan tubuh berlangsung selama enam bulan pascavaksinasi, tetapi para produsen vaksin masih terus menganalisis aspek tersebut, kata badan itu.

Rosselkhoznadzor menambahkan bahwa produksi massal vaksin bisa mulai dilakukan secepatnya pada April.*

Sumber: reuters

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi