Premium Leaderboard (970x90) - Gaya Hidup

Stop! Jangan Panaskan Kembali 5 Makanan Ini Berbahaya

Reporter: Dinni Kamilani - Editor: Dinni Kamilani

Selasa, 22 September 2020 | 15:35 WIB

200922153743-.jpg

Foto: pixabay

Ilustrasi

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID, Bandung – Di Indonesia sudah menjadi hal yang biasa untuk Kembali memanaskan Kembali makanan yang belum habis, atau bahkan sengaja memasak makanan dengan porsi yang besar dengan tujuan bisa dinikmati berhari—hari, dan cukup tinggal menghangatkannya saja.

Meskipun cara tersebut dinilai cukup efektif, Anda tetap harus waspada memilah – milih jenis makanan apa saja yang akan dihangatkan. Faktaya tidak semua jenis makanan dapat dihangatkan, berikut ini 5 jenis makanan yang tidak boleh dipaskan Kembali seperti dilansir dari Boldsky.

Kentang

Tidak semua makanan berbahan dasar kentang bermasalah saat dipanaskan kembali. Itu tergantung pada seberapa baik Anda menyimpannya setelah memasaknya.  kaya akan vitamin B6, kalium dan vitamin C. Jika dipanaskan berulang-ulang, nutrisi itu bisa menghasilkan Clostridium Botulinum yang menyebabkan keracunan serius.

Jika Anda meninggalkannya pada suhu ruangan dan tidak mendinginkannya dengan cepat, Anda berisiko membiarkan bakteri berkembang biak. Untuk menghindari pertumbuhan bakteri, simpan kentang yang sudah matang di dalam lemari es dan konsumsi dalam 1-2 hari.

Bayam

Bayam adalah sayuran  sehat yang mengandung sumber kalsium dan nitrat yang tinggi. Nitrat adalah senyawa kimia yang banyak ditemukan dalam sayuran. Senyawa ini merupakan campuran dari nitrogen dan oksigen.

Kandungan nitra ini yang membuat bayam dan beberapa jenis sayur lainnya yang mengandung nitrat tidak bisa di panaskan Kembali. Karena saat dipanaskkan kembali sayuran jenis ini menghasilkan zat karsinogenik yang beracun. Selain itu, zat besi yang terkandung dalam sayuran seperti bayam juga bisa teroksidasi, saat zat besi teroksidasi bisa menghasilkan radikal bebas yang menjadi pemicu kanker dan penyakit lainnya.

Anda bisa memakannya setelah dikukus atau didinginkan dengan cepat untuk mencegah produksi nitrit.

Telur

Telur sebaiknya dikonsumsi saat masih segar dan tidak dianjurkan untuk kemebali dipanaskan.

Seperti halnya  bayam, telur juga tinggi nitrogen karena kandungan protein yang ada di dalamnya, saat dipanaskan, telur akan bereaksi sama dengan sayuran tinggi nitrat.

Jadi sebaiknya Telur yang sudah dimasak harus segera dimakan dan jika disimpan lebih lama, jangan dipanaskan kembali, makan saja dalam keadaan normal.

Ayam

Mengandung protein dalam jumlah tinggi. Jangan pernah memanaskan kembali ayam, karena komposisi protein akan berubah, mengubah daging menjadi beracun, yang akan mempengaruhi sistem pencernaan, menyebabkan diare dan muntah.

Nasi

Meskipun sedikit mengejutkan, ternyata makan nasi yang dihangatkan kembali dapat menyebabkan muntah dan diare. Menurut Food Standards Agency (FSA), jika Anda makan nasi yang dihangatkan kembali, Anda dapat menderita keracunan makanan karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus cereus yang dapat berkembang biak jika nasi yang dimasak tidak disimpan dengan benar atau disimpan terlalu lama. Sebaiknya Nasi harus disajikan segera setelah matang.

 

Saksikan Program Kuliner On The Road di 18news.id :
Komentar