Santapan yang Harus Dihindari Saat Haid

Reporter: - Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Minggu, 3 Januari 2021 | 13:07 WIB

210103130931-Santa.jpg

Source: freepik

Ilustrasi - mengalami menstruasi.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – PADA saat haid, nafsu makan bisa meningkat. Menurut penelitian, saat memasuki fase haid atau dua minggu sebelum haid datang, perempuan mengonsumsi karbohidrat 15 persen lebih banyak. Sehingga di saat rentan ini sebaiknya menghindari makanan berkalori tinggi.

Makanan yang Harus Dihindari

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang haid yaitu makanan cepat saji atau junk food. Meski lezat di lidah, makanan ini cenderung rendah nutrisi namun tinggi kalori dan tinggi garam, sehingga tidak baik untuk kesehatan, termasuk bagi wanita menjelang dan saat haid.

Selain makanan cepat saji, beberapa makanan yang dilarang saat haid atau sebaiknya dibatasi adalah:

Gandum Olahan

Gandum olahan tidak sesehat gandum murni karena sebagian besar nutrisi yang terdapat di dalamnya sudah hilang akibat proses pengolahan. Dilansir dari laman SFGate, mengonsumsi gandum olahan, seperti kue, roti putih, biskuit saat menstruasi mengganggu gula darah dan nafsu makanmu.

Jadi, daripada mengonsumsi gandum olahan, pilihlah makanan yang menggunakan gandum murni seperti oatmeal dan nasi merah selama menstruasi.

Garam

Hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi saat menjelang haid atau saat sedang haid. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala kembung dan berkumpulnya cairan di pembuluh darah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati konsumsi garam berlebih. Misalnya, Anda bisa mengganti camilan kentang goreng dengan kentang panggang yang cenderung memiliki kadar garam yang lebih rendah.

Kafein

Saat sedang haid atau menjelang haid, Anda disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Mengapa?  Kafein dapat memicu perasaan gelisah, cemas dan sulit tidur atau insomnia. Semua hal ini dapat membuat mood Anda menjadi jelek dan malah memicu perasaan ingin makan lebih banyak lagi.

Selain itu, kandungan kafein ini juga mampu menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, yang memicu terjadinya sakit maag, sehingga menambah rasa tidak nyaman selama haid.

Selain teh, sebaiknya Anda juga perlu membatasi kopi, minuman bersoda, minuman berenergi, es krim cokelat, atau minuman dan makanan lain yang mengandung kafein atau kopi.

Lemak

Jenis makanan berlemak juga sebaiknya memang dihindari karena dapat menyebabkan kembung yang cukup mengganggu, terutama saat haid. Adapun makanan bererlemak yang sebaiknya dihindari meliputi daging berlemak, sosis, kue kering, keju, daging asap, dan makanan bersantan.*

Komentar
Download Aplikasi