Saturday , 17 April 2021

Tips Aman Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil


210407134747-tips-.jpg

Source: envato

Ilustrasi wanita hamil.*

18NEWS.ID – Banyaknya produk dan jenis bahan skincare belum tentu aman digunakan untuk wanita yang sedang hamil. Namun, hak itu bukan berarti Anda harus berhenti melakukan perawatan kulit. Ada bahan skincare alternatif lain dengan manfaat sama dan aman digunakan. Anda pun jadi tetap bisa melakukan perawatan kulit saat hamil.

1. Rajin Cuci Wajah Setiap Hari

Pastikan Anda selalu membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah yang aman untuk ibu hamil. Tentunya, akan lebih baik menggunakan sabun pembersih wajah yang bebas SLS/SLES, bebas paraben, serta bebas alkohol.

Lakukan pembersihan wajah setidaknya 2 kali setiap hari, yaitu pada pagi hari sebelum beraktivitas serta malam hari sebelum tidur. Jika Anda bisa melakukan double cleansing atau dua kali pembersihan juga bisa, yaitu dengan menggunakan micellar water yang aman untuk ibu hamil sebelum mencuci wajah.

2. Pilih Produk Bebas Paraben

Journal of Applied Toxicology mencatat paraben memiliki sifat yang mirip dengan hormon estrogen. Dengan begitu, paraben dikhawatirkan bersiko menyebabkan gangguan perkembangan kelenjar tiroid janin.

Faktanya, paraben adalah zat kimia yang digunakan untuk mengawetkan produk-produk perawatan. Zat ini banyak ditemukan di sampo, sabun, pembersih wajah, hingga produk-produk kosmetik.

Melihat risiko bahayanya yang cukup tinggi bagi ibu hamil, sebaiknya Anda menghindari produk perawatan wajah yang mengandung paraben, ya. Mulai dari sabun pembersih wajah, krim pelembab, hingga sunscreen.

3. Hindari Penggunaan Zat Toksin

Selain paraben, zat kimia yang bersifat toksin atau beracun bagi tubuh juga mungkin terdapat pada produk perawatan wajah. Beberapa zat toksin yang perlu Anda waspadai dalam memilih produk perawatan wajah untuk ibu hamil antara lain adalah SLS/SLES, timbal, merkuri, dan hydroquinone.

4. Tunda Tindakan-tindakan Tertentu

Jika Anda ingin melakukan tindakan-tindakan perawatan wajah di klinik kecantikan, sebaiknya Anda memikirkan ulang. Sebab, tidak semua tindakan diperbolehkan untuk ibu hamil.

Misalnya, tindakan perawatan wajah dengan laser atau sinar X, yang mana sinar tersebut bisa membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan akibat radiasinya yang berlebihan. Beragam jenis suntikan yang digunakan untuk mempercantik kulit juga tidak diperbolehkan dengan alasan risiko infkesi dan overdosis.

Pastikan Anda juga selalu mengkonsultasikan hal ini ke dokter kandungan Anda.

5. Lakukan Perawatan Alami dengan Uap Air

Ingin menyegarkan wajah dan mengeluarkan komedo dengan cara alami? Coba perawatan wajah alami untuk ibu hamil dengan menggunakan uap air.

Tuangkan air mendidih ke dalam baskom atau wada besar sampai setengah penuh. Lalu, arahkan wajah Anda ke atas permukaan wadah tersebut. Uap air panas akan membantu membuka pori-pori kulit Anda dan mengeluarkan kotoran di dalamnya agar tidak tersumbat.

Catatannya, jangan melakukan hal ini jika kulit wajah Anda memerah, iritasi, serta berjerawat dalam kondisi yang parah, ya. Jangan juga lakukan hal serupa untuk merawat kulit tubuh. Ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan sauna atau berendam air hangat karena bisa menyebabkan dehidrasi dan terhambatnya pasokan oksigen ke janin.

6. Gunakan Pelembab dan Sunscreen Setiap Pagi

Saat hamil, kulit memang akan jadi lebih sensitif sebab pH nya tak lagi seimbang. Akibatnya, kulit Anda bisa jadi terlalu kering atau justru terlalu berminyak. Untuk mengatasi hal ini, pelembab adalah salah satu solusinya.

Krim pelembab wajah dapat membantu menetralkan pH kulit wajah selama beraktivitas sehari-hari, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Selain melembabkan, fungsi produk ini juga untuk membuat kulit tetap sehat dan terawat selama kehamilan.

7. Gunakan Krim Malam Bebas Retinol

Sebuah penelitian mencatat retinol atau retinoid bisa menyebabkan gangguan perkembangan embrio jika digunakan selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena sifat retinoid terlalu keras.

Retinol atau retinoid banyak ditemukan pada krim anti-aging yang umumnya juga ditemukan pada krim malam. Untuk itu, Anda wajib memilih produk krim malam tanpa retinol, ya! Sebab, menggunakan krim malam adalah hal yang wajib. Saat malam hari, kulit akan beregenerasi dan pemakaian rutin krim malam yang aman akan membantu mempercepat proses pembentukkan sel-sel baru.*

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi