Friday , 14 May 2021

Kembang Telang, Bunga Biru dengan Segudang Khasiat


210503103430-tanam.jpg

Source: freepik

Tanaman bunga telang.*

18NEWS.ID, Bandung – Bunga telang merupakan tanaman hias yang tumbuh dengan cara merambat dan dapat kita jumpai di hutan maupun perkarangan. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru terang, putih, pink, dan ungu dan biasa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti sebagai pewarna makanan, pewarna kue ataupun sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Bunga telang termasuk dalam kategori tanaman perdu dan tingginya bisa mencapai lima meter. Tanaman yang satu ini awalnya tumbuh secara liar di Indonesia, tapi saat ini bunga telang populer menjadi tanaman hias rumah karena tampilannya yang sangat cantik.

Bunga telang. Soure: freepik

Selain untuk menambah keindahan rumah, ternyata bunga telang ini juga kaya akan manfaat khususnya untuk kesehatan dan kecantikan. Hampir seluruh bagian bunga telang ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung senyawa fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, kaemferol, triterperroide, dan masih banyak lagi.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal NCBI tahun 2019 dengan judul A Commercial Potential Blue Pea (Clitoria ternatea L.) Flower Extract Incorporated Beverage Having Functional Properties juga menyebutkan bahwa bunga telang kaya akan antosianin sebagai antioksidan kuat yang membantu aktivitas antioksidan di dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan kesehatan seluruh tubuh, terutama kesehatan kulit.

Penasaran apa saja manfaat dari bunga telang ini? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Mencerahkan Kulit

Manfaat bunga telang ungu dapat membantu mencerhakan kulit karena kandungan antioksidannya. Studi terhadap aktivitas antioksidasi 15 jenis bunga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang merupakan salah satu dari bunga yang memiliki aktivitas antioksidasi paling tinggi.

Salah satu manfaat bunga telang ungu dari antioksidan untuk kulit adalah untuk mencerahkan. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit sehingga warna kulit tidak merata.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti vitamin C, juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat bunga telang yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit kulit, seperti bisul dan jerawat. Untuk mengatasi bisul, buatlah ramuan bunga telang yang ditumbuk dengan gula jawa. Kamu bisa menumbuknya menggunakan ulekan yang ada di rumah. Setelah itu, balurkan ramuan tersebut ke permukaan kulit yang terdapat bisul.

Sementara untuk jerawat, manfaatkan bagian daun, akar, dan bunganya. Tumbuk bagian bunga telang tersebut hingga halus. Setelah itu, balurkan ke area yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat bunga telang ini, lakukan secara rutin hingga bisul dan jerawat mengempes.

Mengurangi Garis Halus pada Kulit

Bunga telang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Zat ini sangat baik untuk menyamarkan garis halus pada kulit, terutama bagian wajah. Supaya manfaat bunga telang ini terlihat dengan jelas, minumlah teh bunga telang secara rutin.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa jenis bunga telang dapat mengurangi iritasi kulit. Bagi kamu yang tengah beralih dari skincare buatan ke skincare alami, boleh banget mencoba bunga telang ini.

Mencegah Kanker Kulit

Kerusakan DNA pada kulit akibat radikal bebas dapat menyebabkan mutasi sel yang memicu terjadinya kanker kulit. Manfaat bunga telang ungu, ajaibnya bisa membantu mencegah kanker kulit ini karena antioksidannya dapat berperan menangkal radikal bebas.

Antioksidan dapat menghalau pembentukan dan menetralkan radikal bebas jika telah terbentuk. Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, C, dan E, memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat membantu mencegah timbulnya kanker. Tentunya, manfaat bunga telang ungu untuk kulit yang satu ini tak dapat diremehkan.

Satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak manfaat bunga telang ungu dapat melindungi eritrosit anjing dari hemolisis dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang kemudian membuat ekstrak bunga telang efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.

Ilustrasi - serum dari bunga telang. Source: freepik

Mencegah Penuaan

Antioksidan bukan hanya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker kulit. Manfaat bunga telang ungu juga efektif mencegah masalah penuaan dini. Aktivitas antioksidasi bunga telang yang diekstraksi dengan berbagai prosedur dan pelarut pada sejumlah penelitian.

Jika jumlah radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit, akan terjadi proses penuaan dini di kulit dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan.

Di sinilah peran manfaat bunga telang ungu dari antioksidan dibutuhkan, yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E agar kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya. Jadi dapat dipastikan bahwa manfaat bunga telang ungu efektif mengatasi masalah penuaan dini.

Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang kuat dan berwarna hitam pekat. Namun, semua orang bisa mendapatkan kondisi rambut tersebut dengan mengoleskan ramuan bunga telang ke rambut. Ya, ramuan bunga telang dipercaya bisa memperkuat dan menghitamkan rambut.

Untuk merasakan manfaat bunga telang ini, tumbuklah beberapa bunga telang hingga halus, lalu balurkan di kulit kepala dan rambutmu. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.*

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi