Saturday , 17 April 2021

Rempah Saffron, Bunga dengan Khasiat untuk Kecantikan Kulit


210406172936-rempa.jpg

Source: envato

Ilustrasi rempah dari bunga saffron.*

18NEWS.ID – Tak dapat dipungkiri, bahan alami merupakan bahan yang banyak khasiatnya. Selain diperuntukan kesehatan, nyatanya bahan alami digunakan juga untuk kecantikan. Seperti halnya bahan alami dari bunga saffron.

Saffron merupakan jenis rempah-rempah yang diambil dari tumbuhan Crocus sativus L yang dikeringkan. Bunga saffron sedang banyak digemari karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk wajah. Diperkirakan, tanaman ini berasal dari Yunani meski banyak juga tumbuh di Iran, Spanyol, dan China.

Ilustrasi bunga saffron. Source: envato

Di Indonesia, bunga saffron sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk pilek. Selain itu, bunga saffron juga kerap digunakan sebagai pewarna kuning bagi nasi biryani. Dalam industri kosmetik, saffron dianggap sebagai bahan yang mahal. Manfaatnya untuk kecantikan kulit pun tak main-main.

Beberapa khasiat saffron untuk kulit ada yang sudah terbukti secara ilmiah. Nah, buat yang penasaran sama manfaat bunga saffron untuk kecantikan wajah, baca artikel ini sampai habis, ya!

BACA JUGA: Bunga Rosella, Bunga dengan Segudang Manfaat untuk Kecantikan

Mengurangi Peradangan dan Iritasi Kulit

Manfaat bunga saffron untuk wajah yang paling terkenal adalah mengurangi iritasi kulit. Ini karena kandungan antioksidan, berupa crocin, crocetin, dan kaempferol pada saffron yang bermanfaat sebagai zat anti-radang.

Sifat antioksidan crocin dapat membantu melawan peradangan. Selain itu, sebuah penelitian pada hewan yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients melaporkan, crocin bahkan ampuh mengatasi dermatitis atopik pada tikus.

Zat anti-radang tersebut dapat membantu mengurangi iritasi, ruam, dan pembengkakan pada kulit. Untuk penggunaannya, kita bisa membuat saffron menjadi masker dengan mencampur susu, atau membeli masker saffron yang sudah banyak dijual di pasaran.

Mengatasi Jerawat

Secara teori, sifat antiinflamasi memang dapat membantu mengobati jerawat. Namun sayang, kenyataannya tidak begitu.

Studi berjudul In Vitro Bactericidal and Fungicidal Activities of Various Extracts of Saffron (Crocus sativus L.) Stigmas from Jammu & Kashmir, India membuktikan, meski saffron memiliki sifat antibakteri, kemampuannya hanya berlaku untuk mengatasi bakteri makanan, bukan penyebab jerawat.

Mengatasi Mata Panda

Saffron dapat mengurangi lingkaran hitam di area mata dengan lebih cepat. Caranya cukup dengan menjadikan bunga saffron sebagai masker.

Cara penggunaannya cukup dengan mengambil dua atau tiga helai saffron, lalu masukkan ke dalam satu sendok teh air putih. Diamkan selama semalaman. Lalu tambahkan satu sendok teh susu, 2-3 tetes minyak kelapa dan minyak zaitun, serta sedikit gula.

Oleskan campuran bahan-bahan tersebut pada area mata yang menghitam secara merata. Lalu biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. Jika rutin digunakan, lingkaran hitam di area mata akan hilang dengan cepat.

BACA JUGA: Waw! Tanaman ini Memiliki Manfaat untuk Kecantikan, Begini Cara Menggunakannya

Mencerahkan Kulit

Selain menekan hiperpigmentasi, saffron juga bisa mencerahkan kulit. Coba rendam saffron di dalam secangkir susu tawar. Lalu, aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Ilustrasi wajah cantik dan menawan. Source: envato

Melembapkan Kulit

Tak sedikit yang mengklaim saffron dapat melembapkan kulit. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Pharmaceutical Research melaporkan, klaim tersebut tidak benar.

Dalam proses uji coba, losion dengan saffron dioleskan ke sekelompok orang. Sedangkan, kelompok lainnya juga menerima losion tetapi tanpa saffron.

Para peneliti tidak menemukan perbedaan kelembapan kulit antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian, saffron tidak punya pengaruh yang signifikan terhadap kelembapan.

Menjadi Antioksidan

Salah satu alasan saffron sangat disarankan bagi kecantikan karena kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan crocetin, kaempferol, crocin dan safranal juga ampuh mencegah zat radikal bebas menempel pada kulit.

Paparan radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel kulit, termasuk sel-sel wajah. Hal ini akan mengakibatkan kulit mengalami penuaan dini. Jadi sebagai upaya anti-aging, kita bisa menggunakan masker saffron setiap hari, ya.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Paparan sinar UV yang berlebihan bisa jadi awal mula segala permasalahan kulit. Radiasi UV meningkatkan produksi radikal bebas, sehingga menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel kulit.

Crocin (senyawa aktif di dalam saffron) bisa mencegah hal itu. Sebuah studi laboratorium tahun 2018 yang dipublikasikan dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan, crocin merupakan antioksidan yang kuat.

Crocin mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, yaitu sinar yang paling bertanggung jawab atas penuaan dini. Ciri-ciri penuaan dini antara lain munculnya kerutan, kulit kendur, kasar, dan kering, serta flek hitam.

Ada sebuah studi yang mengungkapkan jika salah satu manfaat saffron untuk wajah adalah melindunginya dari paparan sinar ultraviolet. Hal ini karena senyawa antioksidan, seperti kaempferol dan quercetin yang terdapat dalam saffron dapat menangkal efek paparan sinar ultraviolet.

BACA JUGA: Air Kelapa, Bahan "Holy Grail" untuk Perawatan Rambut Sehat

Nah, itulah beberapa manfaat saffron yang bisa kita dapatkan. Kita nggak perlu bingung mencari bunga saffron, karena saat ini ada berbagai toko online yang menjual bunga saffron kering atau masker berbahan dasar saffron.*

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi