Saturday , 31 July 2021

Amazfit GTS 2 Mini, "Smartwatch" Kompak yang Cocok Bagi Pemula


210527105115-amazf.jpeg

(ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Amazfit GTS 2 Mini.

18NEWS.ID – Gaya hidup sehat menjadi sebuah hal yang harus dilakukan sehari-hari, utamanya pada masa pandemi seperti saat ini. Namun, terkadang memang berat untuk disiplin menjalaninya.

Jam tangan pintar (smartwatch) pun menjadi salah satu perangkat yang cukup banyak diminati saat ini untuk menemani olahraga. Dengan berbagai fitur penunjang olah tubuh, bisa menjadi pengingat dan membuat aktivitas fisik terasa lebih teratur dan menyenangkan, terutama dengan jam tangan pintar yang kompak namun memiliki fitur lengkap.

ANTARA berkesempatan untuk menjajal smartwatch dari Amazfit, yaitu GTS 2 Mini. Berikut ulasannya.

Desain

Amazfit GTS 2 Mini. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Sesuai namanya, smartwatch ini merupakan versi mini dari GTS 2. GTS 2 Mini memiliki desain yang lebih minimalis, dengan bodi layar yang memiliki desain sudut lengkung 2.5D yang seakan menampilkan kesan borderless pada layar.

Ada pun layar jam tangan berbentuk persegi, layarnya berdimensi panjang 40,5 mm, lebar 35,8 mm, ketebalan 8,95 mm, dan seberat 19,5 gram, yang membuatnya tipis dan ringan saat dikenakan.

Layar AMOLED yang disematkan menampilkan warna-warna mencolok dan cocok dengan antarmuka jam tangan yang penuh warna. Semua teks dan ikon tampak tajam, yang sangat membantu saat membaca pesan.

Sistem kecerahan otomatis bekerja seperti ketika berada di bawah sinar matahari langsung, ANTARA dapat membaca konten dengan jelas.

Layar sentuh juga cukup cepat dan responsif ketika digunakan.

Pada sisi kanan terdapat satu tombol yang berfungsi untuk membuka layar, menu, dan pilihan mode olahraga. Bagian bawah GTS 2 Mini memiliki sensor PPG (photoplethysmography), yang bersebelahan dengan pengisi daya.

Tali (straps) jam keduanya menggunakan silikon yang ringan dan cukup nyaman digunakan, bahkan untuk aktivitas olahraga yang menghasilkan banyak peluh, hingga ketika dipakai untuk tidur sekalipun. Strap ini juga bisa dilepas yang memudahkan pengguna untuk membersihkan maupun menggantinya dengan warna atau motif lain.

ANTARA menerima GTS 2 Mini dengan strap berwarna merah muda (flamingo pink). Jam tangan pintar ini juga tersedia denga strap berwarna hitam (midnight black) dan hijau (sage green).

Secara keseluruhan, dari sisi desain yang minimalis dan mudah digunakan, juga nyaman dan stylish untuk digunakan pengguna wanita maupun pria.

Fitur

Amazfit GTS 2 Mini. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Selain desainnya yang sederhana namun sporty, jam tangan pintar ini memiliki sejumlah fitur menarik untuk menunjang aktivitas fisik penggunanya.

Perangkat dilengkapi dengan sensor optik yang memungkinkan pengguna memantau kondisi detak jantung selama perangkat digunakan.

Amazfit GTS 2 Mini memiliki kurang lebih 70 mode olahraga yang bisa disesuaikan dengan aktivitas pengguna. ANTARA kebanyakan menggunakan mode untuk berlari (running), jogging, dan berjalan (walking).

Ada pun jenis olahraga luar dan dalam ruangan lainnya seperti bersepeda (cycling), renang (swimming), menari (dance), panahan (archery), hingga lompat tali (rope skipping).

Karena mendukung olahraga renang, Amazfit GTS 2 Mini sudah memiliki sertifikasi 5 ATM yang membuatnya bisa digunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter.

Untuk melengkapi pengalaman olahraga, pengguna bisa meng-install aplikasi bawaannya bertajuk Zepp -- yang bisa diunduh segera setelah pengoperasian pertama perangkat. Akan ada QR Code yang bisa dipindai pengguna melalui kedua jam tangan pintar ini.

ANTARA menguji aplikasi Zepp dan perangkat dengan ponsel Android 10, dan bekerja dengan baik dan mulus. Selama penggunaan, ANTARA tidak pernah kehilangan koneksi atau lupa menampilkan notifikasi.

Amazfit GTS 2 Mini. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Dengan aplikasi Zepp, pengguna bisa mendapatkan informasi detail tentang kalori yang terbakar. Selain itu, dengan sistem Personal Activity Intelligence (PAI), aplikasi menawarkan data sederhana yang dapat dimengerti tentang keadaan fisik tubuh.

Tak hanya untuk berolahraga, ada fitur pelacakan tidur, yang berfungsi dengan baik untuk memberikan perkiraan kualitas tidur pengguna. ANTARA memakai GTS 2 Mini pada banyak malam dan itu mencatat waktu tidur terlelap, hingga tidur ringan sekalipun.

Perangkat juga bisa digunakan untuk mengendalikan beberapa fungsi pada ponsel seperti memutar dan mengontrol lagu yang diputar di aplikasi musik yang bisa dihubungkan ke perangkat melalui Bluetooth, hingga menekan shutter kamera.

Lebih lanjut, GTS 2 Mini juga bisa menerima notifikasi yang ada pada ponsel seperti panggilan telepon masuk, SMS, dan WhatsApp. Berbeda dengan pendahulunya yaitu GTS 2, perangkat mini ini hanya akan memberikan tampilan berupa pesan berbasis teks.

Untuk panggilan telepon masuk, notifikasi pada layar akan menampilkan ikon tolak (reject) atau bisukan (silent), karena Amazfit GTS 2 Mini tidak memiliki speaker dan mikrofon untuk menjawab panggilan telepon.

Untuk ketahanan baterai, selama satu pekan penggunaan, ANTARA hanya perlu mengisi daya sekali saja untuk melakukan berbagai aktivitas. Hal ini cukup efisien, terutama bagi pengguna yang sibuk dan memiliki mobilitas tinggi.

Secara keseluruhan, jam tangan pintar ini bisa menjadi pilihan untuk menemani mobilitas sehari-hari dan menjaga disiplin untuk berolahraga, terlebih dengan berbagai pilihan mode olahraga dan fitur pendukung yang tersedia. Perangkat mini nan kompak ini dibanderol dengan harga Rp1,699 juta.* (antara)

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi