Kilas Balik Inovasi Jaket Kulit Sepanjang Masa

Reporter: - Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Jumat, 18 Desember 2020 | 14:01 WIB

201218141604-Kilas.jpg

Source: cycleworld.com

Ilustrasi - jaket kulit.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – PEMANFAATAN dari kulit hewan sudah dimulai jauh sejak awal peradaban manusia pada masa prasejarah. Pada masa itu, kulit dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan pakaian. Namun dari masa ke masa, perkembangan pakaian dari kulit telah berinovasi menjadi lebih modern, seperti halnya pada jaket kulit yang baru dimulai pada beberapa dekade yang lalu yang dimulai pada abad 19.

Perang Dunia I

Pada awalnya jaket kulit pilot khusus di gunakan pada saat perang dunia pertama, yang tujuan utamanya adalah untuk menjaga suhu tubuh pilot dan para awak pesawat dari suhu dingin ekstrim diatas ketinggian ribuan kaki. Namun sayang model jaket kulit pilot ini belum maksimal baik dalam kegunaan, desain maupun kepraktisan.

Jaket penerbang atau light jacket. Source: ewarmy.com

Perkembangan berikutnya, yakni pada tahun 1915 jaket kulit pilot di desain menggunakan lengan yang panjang. Model terbaru dari Leather Flight Jackets mulai di gunakan oleh para pilot dari Royal Flying Corps yakni jasa penerbangan di wilayah Perancis dan Belgia.

Dua tahun setelahnya, bersamaan dengan pesatnya industri pesawat terbang di Amerika, The United States Army mulai mendistribusikan Leather Bomber Flight Jackets. Era jaket kulit bomber modern dimulai. Model jaket kulit bomber inilah yang nantinya populer dengan nama G1.

Perang Dunia II

Pada saat perang dunia kedua teknologi pesawat tempur telah berkembang pesat, yakni memiliki jangkauan jarak tempuh hingga ketinggian 25.000 kaki. Suhu di ketinggian ini jauh lebih ekstrim dengan dingin yang mencapai minus di bawah nol derajat celcius.

Ilustrasi pilot yang mengenakan jaket bomber. Source: alphaindustries.com

Dikembangkanlah jaket kulit terbaru Shearling Flight Jacket yaitu Bomber Flight Jacket dengan lapisan wool di dalamnya. Sherling jackets memiliki keunggulan terbaik yakni sangat hangat di gunakan.

Era Tahun 1920-an

Semakin berkembang seperti sekarang pada awal tahun 1928 seorang pembuat jas hujan yang cukup terkenal yaitu di Manhattan, Irving Schott merancang jaket untuk kelompok motor Harley Davidson yang di beri nama “Perfecto”, jaket kulit ini dibuat bertujuan untuk melindungi pengendara dari unsur kecelakaan.

Era Tahun 1950 – 1970an

Di tahun ini jaket pilot mulai di kembangkan dari bahan nylon, yang lebih nyaman dan praktis di gunakan. Namun jaket kulit bomber masih tetap di pakai untuk mengenang pahlawan dimasa lalu.

Marlon Brando. Source: atomic-tribe.com

Ketika beralih ke dunia perfilman, Marlon Brando memerankan Johnny Strabler di The Wild One tahun 1953, ia mengenakan jaket kulit lusuh pertama Schott, yang sekarang seolah-olah dikatakan vintage. Setelah itu, tren jaket kulit menjadi tren pada orang-orang di Hollywood dan memborong jaket ini.

Menyebarnya jaket kulit hingga merebak di kalangan musisi. Elvis Prasley mulai mempopulerkan jaket kulit rock n roll, termasuk pada masa The Beatles di tahun 1960-an. Selain itu, tahun 1970-an The Ramones dan Sex Pistols cukup memberi pengaruh yang kuat pada jaket kulit atau rompi yang penuh dengan patch dan pernak pernik lainnya. Sehingga jaket kulit ini mulai memasuki dunia fashion.

Penampilan The Ramones dengan jaket kulitnya. Source: uncut.co.uk

1970 – Saat Ini

Puluhan tahun menjadi jaket yang selalu dipakai pria, kini jaket kulit mulai merambat pada kalangan wanita. Para wanita yang menamai diri sebagai feminist memodifikasi jaket ini dengan menambahkan pins dan studs sebagai dekorasi tambahannya. Pada saat itulah jaket menjadi pakaian unisex yang bisa dipakai oleh siapa saja.

Bahan pembuatan jaket pun semakin beragam, seperti yang terbuat dari kulit asli, kulit sintetis, wool, bulu, cotton, nylon, hingga bahan tahan air sekalipun. Awalnya jaket hanya diproduksi dengan warna-warna gelap saja seperti hitam, coklat, dan abu-abu. Namun saat ini, jaket kulit tersedia dengan berbagai warna dan beragam gambar.

Seorang wanita mengenakan jaket kulit. Source: freepik

Gambar dan motif yang terdapat pada jaket umumnya hasil sablon maupun bordir. Kini, jaket kulit pun dilengkapi dengan hoodie yang berfungsi untuk melindungi kepala maupun menambah estetika dari jaket tersebut.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beberapa daerah yang menjadi pusat pembuatan kerajinan dari kulit, yang paling terkenal yaitu Garut, Manding Yogyakarta, Tanggulangin Sidoarjo dan Magetan. Sudah sejak lama kota-kota tersebut menjadi tempat yang terkenal akan kerajinan kulitnya terutama Garut.*

Komentar
Download Aplikasi