3 Cara Share Lokasi Lewat WA Yang Akurat dan Mudah

18news.id-Aplikasi WhatsApp kini menjadi layanan perpesanan yang sangat popular diseluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Platform ini juga memiliki banyak fitur unggulan yang menarik salah satunya yaitu Share Lokasi. Mungkin sebagian para pengguna aplikasi whatsapp ada yang belum mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan fitur tersebut. Terdapat beberapa cara share lokasi lewat wa yang akurat untuk kalian ketahui.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa cara share lokasi lewat wa yang akurat ini dapat memudahkan orang lain saat mencari suatu lokasi. Selain itu juga, tentunya dapat dengan praktis untuk menginformasikan lokasi terkini keberadaan kalian. Nah, bagi yang ingin mengetahui lebih detail lagi tentang cara share lokasi lewat wa yang akurat, maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Share Lokasi ?

Dengan semakin berkembangnya dunia digital sekarang terkadang membuat kita ketinggalan informasi yang tidak diketahui akibat kurang update alias kudet. Saat ini banyak sekali istilah kata yang sering digunakan para kaum milenial. Misalnya saja penggunaan kata share location atau sherloc yang sering kalian dengar.

Share lokasi atau yang biasa disingkat dengan sharelok merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh berbagai media sosial. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengirim posisi lokasinya kepada teman ataupun orang lain. Dimana nantinya, lokasi yang dibagikan tersebut akan tampil pada peta melalui bantuan layanan Google Maps.

Baca juga:4 Cara Membuat Link WhatsApp Tanpa Aplikasi Terbaru 2023

Fitur Share Loc Pada WhatsApp

Fitur share lokasi pada WhatsApp ini pertama kali diluncurkan sejak tahun 2017. Bahkan sampai saat ini pun masih tetap dikembangkan supaya dapat menampilkan data posisi pengguna yang nyata dan akurat. Terdapat dua opsi yang dapat kalian pilih dalam memanfaatkan fitur share lokasi tersebut. Untuk lebih detailnya langsung saja simak penjelasan tentang fitur tersebut dibawah ini.

Share Lokasi Terkini

Opsi pertama yang bisa kalian pilih yaitu berbagi lokasi terkini kepada pengguna lain. Berhubung dilakukan secara langsung maka data lokasi yang kalian kirim lewat fitur shareLoc akan memperlihatkan lokasi kalian saat itu juga. Nah, jika kalian berpindah tempat maka posisi juga secara otomatis akan diperbaharui alias berpindah juga.

Selain itu, kalian juga dapat dnegan mudah mengatur live lokasi sesuai keinginan. Berhubung WhatsApp memanfaatkan enkripsi end to end pada fitur tersebut tentunya tidak perlu khawatir lagi akan keamanan data tentang lokasi kalian.

Share Lokasi Saat Ini

Opsi kedua yang dapat kalian pilih ini bersifat statis itu artinya lokasi yang dishare hanya bisa menampilkan posisi saat ini sebelum mengirimkan lokasi tersebut. Jadi, jika kalian berpindah ketempat lain, maka letak di Google Maps pun tidak akan berubah.

Dari penjelasan diatas kalian dapat mengetahui bahwa WhatsApp memanfaatkan tekhnologi GPS supaya fitur berbagi lokasi ini dapat bekerja dengan maksimal.

cara-share-lokasi-lewat-wa-yang akurat 1

Kumpulan Cara Share Lokasi Melalui WhatsApp di Android

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara mudah untuk share lokasi melalui WhatsApp yang dapat kalian coba gunakan pada smartphone kesayangan. Tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja simak lebih lanjut penjelasannya dibawah ini.

Cara ShareLok Terkini Pada WhatsApp

Mungkin sebagian dari para pengguna WhatsApp ada yang sudah mengetahui tentang cara ini. Nah, bagi para pengguna baru yang belum mengetahui tentang cara sharelok secara langsung melalui WhatsApp maka langsung saja simak tutorialnya dibawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka Aplikasi WhatsApp yang kalian miliki.
  • Kemudian klik obrolan atau bisa juga memilih kontak yang akan kalian kirimi lokasi.
  • Selanjutnya pada kolom obrolan kalian klik icon peniti yang ada di sebelah mengetik pesan.
  • Setelah itu pilihlah lokasi.
  • Lalu pilih opsi Berbagi Lokasi Terkini.
  • Sebelum kalian mengirimkan lokasi alangkah baiknya mengatur terlebih dahulu durasi live location seperti 15 menit, 1 jam ataupun 6 jam. Selain itu juga kalian dapat menambahkan catatan.
  • Kemudian setelah itu kirim lokasi dengan mengklik icon panah.
  • Selesai.

Jika kalian ingin berhenti untuk membagikan live location maka klik saja “Berhenti Berbagi” pada posisi letak yang telah dikirimkan.

Cara Share Loc Saat Ini di WhatsApp

Cara berikut merupakan opsi kedua untuk memudahkan kalian berbagi lokasi dengan teman. Prosesnya pun sangatlah mudah dan singkat, kalian cukup mengikuti langkah langkah yang tertera dibawah ini. Tanpa berpikir panjang lagi maka langsung saja simak lebih detailnya sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah buka aplikasi WhatsApp yang kalian mikili.
  • Selanjutnya ketuk obrolan atau dapat juga memilih kontak yang akan kalian kirimi lokasi.
  • Kemudian pada kolom obrolan kalian ketuklah icon peniti yang berada di sebelah mengetik pesan.
  • Lalu pilihlah lokasi.
  • Kalian dapat mengklik “kirim lokasi saat ini” yang terletak pada bagian bawah pilihan “berbagi lokasi terkini”.
  • Selesai.

Jika kalian memilih kirim lokasi saat ini maka tidak dapat menyeting durasi waktu dan menambahkan komentar. Layanan ini dapat kalian gunakan apabila tidak mau posisi kalian dipantau langsung oleh teman yang sudah dikirimi lokasi tersebut.

Cara ShareLoc Tempat Lain di WhatsApp

Berikut ini cara terakhir yang dapat kalian ketahui untuk mempermudah kalian shareloc tempat lain melalui aplikasi WhatsApp. Tentunya cara ini berbeda sekali dengan cara yang sudah disebutkan diatas. Jadi tunggu apalagi, langsung saja simak caranya dibawah ini.

  • langkah pertama yang harus dilakukan adalah hampir sama dengan kedua cara diatas yaitu mengaktifkan GPS terlebih dahulu.
  • Kemudian bukalah aplikasi Google Map kesayangan kalian.
  • Setelah itu supaya dapat menandai lokasi pada peta maka kalian bisa menekan dan tahan lokasi yang kalian inginkan hingga tampil pin merah di Map tersebut.
  • Selanjutnya kalian perhatikan pada bagian bawah layar dan pilihlah opsi Bagikan.
  • Lalu kalian klik opsi Share WhatsApp
  • Setelah itu baru kalian pilih chat teman yang akan kalian bagi lokasi
  • Maka secara langsung kalian masuk pada pesan WhatsApp dan munculah link lokasi tersebut.
  • Dan yang terakhir segera kirim pesan tersebut.
  • Selesai.

Baca juga:Download YoWhatsApp Terbaru 2023 Gratis Tema dan Emoji

cara-share-lokasi-lewat-wa-yang akurat 2

Cara Mengikuti ShareLoc di WA

Setelah menyimak beberapa penjelasan diatas terkait dengan cara berbagi lokasi kini saatnya kalian mengetahui tentang cara mengikuti Shareloc di WA. Dalam hal ini kalian tak hanya bisa menjadi sebagai pengirim tetapi juga dapat berada diposisi sebagai penerima ShareLoc. Nah, untuk lebih detailnya kalian dapat menyimak penjelasan berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp dan bukalah pesan masuk yang berisi tentang peta lokasi dari teman kalian
  • Kemudian munculah peta Google Maps.
  • Setelah itu klik tombol Petunjuk arah.
  • Lalu klik tombol mulai pada jendela berikutnya
  • Dan yang terakhir kalian pun akan dipandu oleh Goggle Maps hingga sampai ke lokasi tujuan.
  • Selesai.

Nah cara diatas cukup mudah sekali diikuti oleh kalian sehingga dapat membantu untuk mempermudah mencari lokasi yang dikirimkan tersebut.

Solusi WhatsApp Yang Tidak Bisa Berbagi Lokasi

Bagi sebagian pengguna WhatsApp yang mengalami kendala saat akan berbagi lokasi maka kalian dapat menyimak beberapa solusi yang bisa diterapkan. Berikut dibawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa kalian coba.

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp dan memperbaharuinya.
  2. Selanjutnya aktifkanlah GPS pada smartphone kesayangan kalian untuk menunjang berbagi lokasi.
  3. Periksalah jaringan internet dan pastikan koneksi dalam keadaan stabil.
  4. Selesai.

Kalian dapat mencoba untuk melakukan langkah langkah diatas sebagai solusi jika whatsapp tidak bisa digunakan saat akan berbagi lokasi.

Penutup

Demikianlah diatas tadi ulasan tentang cara share lokasi lewat wa yang akurat melalui smartphone kesayangan kalian. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua sehingga dapat mempermudah mengirimkan lokasi dengan tepat kepada orang lain. Cukup sekian dan terima kasih.

Leave a Comment