6 Cara mengubah foto ke jpg secara online dan offline

18news.id-Dengan semakin canggihnya kamera smartphone pada zaman sekarang, maka sudah tidak aneh lagi banyak orang yang suka sekali dengan berfoto selfie. Terkadang banyak sekali foto yang kalian simpan namun sayangnya foto tersebut masih berformat PNG. Nah, pada ulasan kali ini kalian wajib mengetahui cara mengubah foto ke jpg.

Salah satu format yang paling umum jika dibandingkan dengan format lainnya adalah jpg. Inilah alasan kenapa sebagian orang banyak sekali yang mencari cara mengubah foto ke jpg. Mungkin sebagian orang tahunya saat akan merubah format file foto itu harus selalu melalui perangkat laptop yang dilengkapi dengan internet. Nah, biasanya setelah berhasil merubah foto menjadi jpg kemudian dipindahkan ke ponsel yang kalian miliki.

Apa Itu Format JPG?

JPG adalah kepanjangan dari Joint Photographics Group dan termasuk juga menjadi salah satu dari format Joint Photographics Extreme Group atau yang biasa disingkat dengan JPEG. Sebenarnya dari kedua format ini tidak memiliki perbedaan, hanya saja jumlah karakter yang dipergunakan agak sedikit berbeda.

Mungkin pada mulanya hanya terdapat format JPEG saja, namun sayangnya format ini hanya dapat terbaca pada perangkat Macintosh. Hal ini disebabkan karena operasi Windows sistem yang belum mampu membaca format tersebut.

Dengan seiring berjalannya waktu maka hadirlah format terbaru yang diluncurkan lebih singkat yang bernama JPG. Hal ini bertujuan supaya dapat terbaca oleh sistem perangkat dengan basis Windows. Untuk mengubah format foto ke JPG sebetulnya terdapat beberapa metode yang dapat kalian gunakan. Tanpa menunggu lama lagi mari simak saja metode-metode yang dapat kalian coba untuk merubah foto menjadi JPG berikut ini.

Baca juga:7 Cara Convert JPG to PDF Secara Gratis dan Mudah

Kumpulan Cara Mengubah Foto ke JPG Termudah

Bagi yang belum mengetahui cara mengubah foto menjadi JPG tidak usah khawatir lagi karena dibawah ini terdapat beberapa pilihan metode yang bisa dijadikan referensi kalian. Tanpa berlama-lama lagi mari simak saja penjelasannya dibawah ini.

Cara-Merubah-PNG-ke-JPG-di-Paint

1. Memanfaatkan Aplikasi Paint

Cara mengubah foto menjadi JPG yang pertama ialah kalian dapat memanfaatkan aplikasi Paint. Platform ini merupakan layanan dari Windows yang memiliki fungsi khusus untuk memenuhi keperluan menggambar. Namun, ternyata layanan ini juga dapat digunakan untuk editing salah satunya yaitu mengubah format foto jadi JPG. Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan dalam mengubah foto menjadi JPG ini sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah kalian pilih terlebih dahulu foto yang akan diubah formatnya di File Explorer.
  • Kemudian setelah menemukan foto tersebut maka langsung klik kanan pada foto tersebut.
  • Setelah itu pilihlah Open With.
  • Lalu klik Paint.
  • Nah, apabila foto sudah muncul dan terbuka di layanan paint. Dilanjutkan dengan mengklik File yang ada diposisi kiri atas.
  • Selanjutnya klik Save As dan pilihlah JPG.
  • Setelah itu berikanlah nama foto, dan segera menyimpannya.

Terkait dengan hasil fotonya pun akan langsung otomatis dioptimalisasi oleh layanan Paint itu sendiri. Sehingga ukurannya berubah menjadi agak kecil dengan kualitas gambar yang tetap optimal.

2. Melalui HP Android

Cara mengubah foto menjadi JPG selanjutnya yang dapat dijadikan referensi oleh kalian adalah melalui HP Android. Saar ini banyak sekali bermunculan aplikasi yang bisa digunakan untuk convert di Google Platstore.

Nah, melalui cara ini, kalian dapat memanfaatkan layanan Image Converter untuk mempermudah dalam merubah foto menjadi JPG. Mari simak selengkapnya beberapa langkah yang ada dibawah ini.

  • Langkah pertama kalian harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di Google Playstore.
  • Apabila sudah maka langsung saja install layanan ini melalui smartphone kesayangan kalian.
  • Kemudian setelah itu bukalah aplikasi tersebut dan silahkan pilih foto yang akan diubah menjadi format JPG.

3. Rename Foto Menjadi JPG

Mungkin salah satu dari kalian ada yang belum tahu bahwa merubah foto menjadi JPG itu hanya cukup dengan rename foto saja. Dan hal ini pun dilakukan tidak harus menggunakan layanan pihak ketiga. Sebetulnya kalian dapat dengan mudah langsung mengubah format foto yang ada pada sistem operasi Windows dengan cara mengubah nama saja. Untuk lebih detailnya mari simak saja beberapa langkah yang digunakan untuk mengubah foto jadi JPG melalui rename dibawah ini.

  • Langkah pertama bukalah Explorer pada perangkat ataupun laptop.
  • Kemudian klik File yang berada diposisi kiri atas dan tekan Properties.
  • Lalu kalian bukalah tab View.
  • Selanjutnya kalian hilangkan tanda centang Hide Extensions For Known File Types.
  • Nah, setelah itu semua file yang ada pada perangkat kalian akan tersimpan formatnya.
  • Silahkan kalian cari foto yang ingin dirubah. Dan ubah format PNG ke JPG.

Kelebihan dari cara ini adalah kalian tidak perlu menggunakan layanan tambahan seperti aplikasi pihak ketiga. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan dari segi ukuran karena hasil dari file JPG masih belum maksimal.

mengubah foto ke jpg 1

4. Secara Online

Cara mengubah foto jadi JPG yang dapat menjadi referensi kalian selanjutnya adalah secara online. Itu berarti kalian tidak memakai aplikasi editing foto yang terpasang pada perangkat kalian saat ini. Akan tetapi, dalam hal ini komputer kalian wajib tersambung dengan koneksi internet saat akan menggunakannya.

Terdapat banyak pilihan website yang dapat kalian manfaatkan untuk mengubah foto ke file JPG. Kalian dapat memilih situs sesuai dengan keinginan kalian.

5. Melalui Crello

Aplikasi Crello merupakan salah satu platform yang dapat kalian dijadikan sebagai rekomendasi untuk mengubah foto jadi JPG. Layanan yang satu ini dapat dilakukan secara online dan dapat mengkonversi berbagai macam format foto.

6. Memakai Adobe Photoshop

Dan yang terakhir kalian dapat memanfaatkan Adobe Photoshop sebagai cara yang cukup ampuh dalam mengubah foto jadi JPG. Melalui platform ini, kalian tidak hanya mampu merubah format file saja, akan tetapi banyak juga fungsi editan lainnya. Kemudian cara yang digunakan pun tidak berbeda jauh dengan platform edit foto lainnya.

Adapun kelebihan yang dapat kalian manfaatkan saat memakai aplikasi ini yaitu dapat mengatur optimalisasi size dengan manual. Sehingga foto yang diperoleh pun menjadi sangat bagus. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  • Langkah pertama yaitu kalian dapat membuka Adobe Photoshop yang telah terpasang pada perangkat komputer.
  • Setelah itu kalian klik saja File > Open > dan pilihlah foto yang akan dirubah.
  • Kemudian setelah foto muncul maka klik File > Save As > pilih JPG yang sudah tersedia pada kolom format.
  • Lalu segeralah kalian setting pengaturan dan sesuaikan dengan keinginan.
  • Yang terakhir itu adalah terkait dengan pengaturan kualitas, jadi semakin tinggi level kalian mengaturnya maka bisa menjadi lebih bagus juga.
  • Selesai.

Demikian diatas tadi sedikit penjelasan tentang kumpulan cara merubah foto ke JPG termudah yang dapat kalian gunakan saat ini. Kalian bisa memilih metode diatas sesuai dengan keinginan masing-masing.

Akhir Kata

Sekian pembahasan tentang cara mengubah foto ke JPG yang telah dirangkum dan disusun dari beberapa sumber. Dan dapat dijadikan rekomendasi untuk melakukan atau merubah foto menjadi JPG. Setelah menyimak ulasan diatas tentunya kalian dapat dengan bebas memilih salah satu cara diatas sesuai dengan keinginan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment