Cara menghapus Cache di iPhone Supaya Tidak Lemot

18news.id-Bagi kalian pengguna iPhone yang pernah mengalami kecepatan ponsel pintar yang dimiliki itu lemot saat digunakan. Mungkin hal tersebut terjadi karena banyaknya file yang tidak dipakai sehingga menyebabkan penumpukan sampah data pada iPhone tersebut. Tentunya terdapat beberapa cara menghapus cache di iPhone yang dapat kalian coba pada ulasan kali ini.

Dengan menghapus sampah data atau file yang tidak berguna mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan supaya iPhone yang dimiliki dapat berjalan secara optimal. Mengetahui cara menghapus cache di iPhone memang sangat dibutuhkan sekali. Kabarnya, ponsel tersebut sering mengalami penumpukan cache dan harus dibersihkan.

Meskipun iPhone merupakan salah satu ponsel yang memiliki kualitas sangat baik, namun kemungkinan penumpukan cache itu pasti akan terjadi. Sebenarnya cara menghapus cache di iPhone itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Akan tetapi mungkin ada sebagian darpi pengguna iPhone yang belum mengetahuinya. Untuk itu mari simak saja penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Mengenal Tentang Cache di iPhone

iPhone merupakan merk salah satu smartphone yang dibuat khusus dan dipasarkan oleh pihak Apple Inc. Pada tanggal 9 Januari 2007 iPhone meluncurkan generasi yang pertama dan diumumkan oleh CEO Apple Steve Jobs. Sejak saat itupun iPhone sudah meliris model terbaru dan pembaruan setiap tahunnya.

Sistem operasi iOS yang dibuat secara khusus oleh Apple inilah yang menjadi kelebihan dari ponsel pintar ini. Sistem iOS ini ternyata sudah diakui sangat mudah dan efisien untuk dimanfaatkan. Apalagi layanan ini hanya dapat digunakan oleh para pengguna sesama Apple saja, jadi sifatnya lebih terkesan eksklusif.

Bagi para pengguna iPhone tentunya saat awal memanfaatkan ponsel pintar ini pasti agak sedikit bingung karena tidak terdapat pilihan untuk mengosongkan cache. Cache sendiri berisi tentang kumpulan aktivitas para pengguna saat mengakses situs ataupun aplikasi. Dengan seiring berjalannya waktu data tersebut kemungkinan dapat tersimpan dan menumpuk pada memori iPhone.

Sebenarnya dengan hadirnya cache cukup bermanfaat bagi para pengguna dan ponsel tersebut dalam mengakses situs web dan aplikasi. Sehingga ponsel tidak usah lagi bekerja keras memuat ulang situs dan aplikasi untuk menampilkan konten yang terdapat didalamnya. Dan konten tersebut pun dapat dengan mudah diakses secara cepat.

Biasanya pada beberapa smartphone Android telah menyediakan pilihan khusus untuk mempermudah menghapus cache yang dapat diakses melalui pengaturan perangkat. Sedangkan pada ponsel pintar iPhone tidak mempunyai opsi khusus terkait dengan mengosongkan cache. Walaupun demikian, ternyata ada cara mudah untuk para pengguna supaya dapat menghapus cache di iPhone dengan manual. Nah, untuk lebih jelasnya maka langsung saja simak beberapa rekomendasi cara menghapus cache pada iPhone dengan praktis dibawah ini.

Baca juga:7 Cara Convert JPG to PDF Secara Gratis dan Mudah

Rekomendasi Cara Menghapus Cache Pada iPhone dengan Praktis

Cara Menghapus Cache Pada iPhone dengan Praktis

Setelah menyimak sedikit penjelasan tentang iPhone diatas, kini saatnya kalian mengetahui beberapa rekomendasi cara menghapus cache di iPhone dengan praktis. Nah, kalian dapat memilih salah satu cara dibawah ini untuk membantu dalam proses penghapusan cache. Tanpa berpikir panjang mari simak saja caranya sebagai berikut.

1. Menghapus Cache iPhone Melalui Firefox

Cara pertama yang dapat kalian coba untyuk menghapus cache adalah melalui Firefox. Bagi para pecinta Firefox maka tidak usah khawatir lagi karena kalian dapat menghapus cache pada iPhone kesayangan melalui layanan ini. Terdapat beberapa langkah yang harus kalian ikuti dalam proses penghapusan cache ini diantaranya.

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah klik pada menu hamburger yang berada diposisi sudut kanan bawah saat akan membuka pilihan.
  • Kemudian pilihlah pengaturan yang terletak pada bagian menu bawah.
  • Lalu klik Manajemen Data pada bagian Privasi.
  • Setelah itu kalian bisa memilih Data Situs Web saat akan menghapus data.
  • Selesai.

2. Menghapus Cache iPhone Dengan Data Aplikasi

Selanjutnya kalian dapat mencoba menghapus cache iPhone dengan data aplikasi. Melalui cara ini kalian bisa mengosongkan data pada setiap platform yang sudah terinstall pada iPhone. Kabarnya, data yang sudah lebih dari 500MB itu harus segera dihapus. Tanpa berpikir panjang lagi mari simak saja langkah dibawah ini untuk mempermudah kalian.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke Setting > general > iPhone Storage.
  • Kemudian setelah itu akan ditampilkan daftar aplikasi yang sudah terinstall.
  • Jika data tersebut sudah lebih dari 500MB, maka kalian harus segera menghapusnya dengan cara klik Delate App kemudian setujui.
  • Nah, setelah proses tersebut selesai maka silahkan kalian install kembali platform yang sudah dihapus melalui App Store.
  • Selesai.

3. Menghapus Cache iPhone Melalui Safari

menghapus cache iPhone melalui safari

Berikutnya kalian juga bisa menghapus cache iPhone melalui Safari. Safari sendiri merupakan browser default yang ada didalam iPhone. Kalian bisa dengan mudah mengosongkan cache hanya cukup dengan beberapa langkah saja seperti dibawah ini.

  • Langkah pertama bukalah aplikasi pengaturan yang ada di iPhone kesayangan kalian.
  • Kemudian dari daftar aplikasi tersebut maka kalian pilihlah Safari.
  • Setelah itu kalian gulir ke bagian bawah dan pilih Hapus Riwayat serta pilihlah Data Situs Web.
  • Selanjutnya konfirmasi pilihan kalian pada kotak pop-up.
  • Selesai

4. Menghapus Cache iPhone Melalui Chrome

Dan yang terakhir kalian dapat mencoba menggunakan Chrome untuk menghapus cache iPhone. Chrome merupakan salah satu layanan browser bagi pengguna iPhone. Dalam proses pengosongan cache Chrome ini membutuhkan beberapa cara dan kalian harus melakukan beberapa hal lainnya melalui layanan tersebut. Tanpa berlam-lam lagi mari simak saja langkah yang harus kalian ikuti dibawah ini.

  • Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah membuka layanan Chrome.
  • Kemudian pilihlah titik tiga yang berada di bagian kanan bawah untuk membuka pilihan lainnya.
  • Selanjutnya scroll ke bagian bawah dan klik Pengaturan.
  • Setelah itu kalian pilihlah Privasi pada menu berikutnya.
  • Lalu klik Clear Browsing Data supaya dapat membuka satu pilihan menu terakhir.
  • Berikutnya pada bagian menu atas kalian dapat memilih jangka waktu sesuai dengan keinginan.
  • Kalian harus memastikan Data Situs yang dipilih berikut gambar dan file yang ada di Cache.
  • Dan yang terakhir kalian klik Clear Browsing Data yang telah tersedia pada bawah layar.

Demikianlah penjelasan diatas terkait dengan cara menghapus cache pada iPhone yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mempermudah kalian dalam proses mengosongkan data yang menumpuk.

Hal Yang Dapat Terjadi Jika Menghapus Cache

Dalam hal ini menghapus cache juga dapat dikategorikan dengan menghilangkan data situs yang tersimpan pada smartphone secara lokal. Dengan seiring berjalannya waktu data tersebut telah terbentuk menjadi besar dan bisa membuat semuanya menjadi kurang optimal.

Saat akan menghapus data maka hal tersebut merupakan suatu awal yang baru untuk situs tersebut. Sehingga bisa memperbaiki berbagai kesalahan memuat serta mempercepat browser. Akan tetapi, dengan mengosongkan cache juga ternyata dapat membuat kalian keluar dari halaman tersebut. Oleh sebab itu, kalian harus senantiasa bersiap supaya bisa masuk ke semuanya lagi.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk menghapus Cache?

Dalam hal ini ternyata kebanyakan pengguna smartphone yang satu ini hanya memerlukan waktu setiap satu bulan sekali untuk mengosongkan cache. Pada dasarnya itulah titik dimana saat browser kalian akan membuat cache yang sangat besar untuk membuat lambat semuanya. Bagi pengguna yang sering mengunjungi situs lain diluar sana maka kalian harus sering untuk membersihkan cache tersebut.

Kesimpulan

Terdapat beberapa langkah terkait dengan cara menghapus cache di iPhone yang dapat dipilih dan digunakan untuk mengoptimalkan kembali ponsel pintar iPhone kesayangan kalian. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment