Menata Kamar Indekos Agar Terlihat Rapi dan Nyaman

Reporter: Riedha Aghniya Adriyana - Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Rabu, 13 Januari 2021 | 15:46 WIB

210113154745-menat.jpg

Source: pinterest

Ilustrasi - indekos atau kamar kos.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – INDEKOS menjadi rumah kedua bagi mereka yang merantau, atau khususnya bagi mereka yang kuliah atau bekerja. Oleh sebab itu, untuk membuat kamar senyaman mungkin merupakan hal yang sangat penting.

Jangan sampai, pulang kerja atau kuliah perasaan suntuk karena kamar kos yang berantakan. Agar mudah menata kamar kos, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan.

1. Sesuaikan Posisi Perabotan dengan Luas Kamar

Prinsipnya, kamu harus bisa bergerak dengan bebas dan beraktivitas dengan nyaman di kamar kos. Agar perabotanmu tidak makan tempat, aturlah barang sehingga rapi dan nyaman dipandang. Simpanlah perabotanmu di tempat yang sesuai.

2. Tempatkan Perabotan Berukuran Besar Terlebih Dahulu

Ada kos yang menyewakan kamar beserta perabotannya tetapi ada juga yang hanya menyewakan kamar kosong sehingga kamu harus menyiapkan sendiri perabotannya. Sebaiknya, kamu mulai menata kamar dengan menempatkan perabotan besar. Pastikan perabotan itu tidak menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam kamar sehingga kamar tetap sehat. Tempatkan ranjang di area yang kering dan tidak lembap. Kamar yang kurang ventilasi dan cahaya matahari berpengaruh terhadap kesehatanmu.

3. Manfaatkan Bawah Tempat Tidur

Area di bawah tempat tidur bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai kebutuhan yang tidak terlalu sering kamu gunakan. Tempatkan boks berukuran besar dan masukkan berbagai benda ke sana sehingga kamar tidak terlihat berantakan. Namun, area tersembunyi seperti itu harus rajin dibersihkan agar tidak berdebu dan kotor.

4. Menata Lemari

Kamu harus ingat bahwa lemari di kamar kosmu memiliki ruang yang terbatas, tidak seperti lemari di rumahmu sendiri. Oleh karena itu, jangan terlalu memasukkan banyak barang ke dalam lemari di kos. Simpan barang seperlunya saja, prioritaskan barang yang memang kamu butuhkan.

5. Manfaatkan Ruang Dinding Kosong

Ruang dinding yang kosong bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan barang-barang kecil. Kamu bisa membuat atau memasang rak gantung sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat.

Komentar
Download Aplikasi