Memilih Material Bangunan dengan Hasil Berkualitas

Reporter: Riedha Aghniya Adriyana - Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Senin, 4 Januari 2021 | 17:31 WIB

210104173518-Memil.jpg

Source: freepik

Ilustrasi - batu bata sebagai salah satu bahan bangunan.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – PEMILIHAN bangan bangunan merupakan salah satu hal yang dianggap penting sebelum melakukan pembangunan. Material yang digunakan tentu harus memiliki kualitas yang bagus dan baik. Sehingga, bangunan pun kokoh dan kuat serta memiliki daya tahan yang awet juga lama.

Beberapa Tips untuk Memilih Material Bangunan yang Tepat

Melansir dari mdurwin.com, ada 7 tips yang perlu kalian perhatikan dalam pemilihan material yang berkualitas agar mendapatkan tempat yang juga berkualitas. Berikut akan diulas mengenai beberapa tips yang harus diperhatikan.

Pemilihan pasir

Pasir menjadi salah satu material yang penting digunakan untuk pembangunan suatu tempat. Untuk mengetahui kualitas pasir yang baik maka kalian perlu memilih yang memiliki sedikit kandungan lumpur di dalamnya. Pasir yang berkualitas akan terasa lebih menyakitkan atau tajam jika digenggam.

Pemilihan batu

Batu yang berkualitas untuk pembangunan adalah dari jenis batu belah. Dengan memilih menggunakan batu belah maka akan membuat lebih awet tempat yang di bangun yaitu dengan pondasi yang cukup kuat. Untuk memperkuat sebuah bangunan diperlukan batu sehingga carilah batu dengan kualitas yang baik.

Pemilihan besi

Pemilihan besi untuk digunakan sebagai material juga tentunya harus yang berkualitas. Besi yang kalian akan gunakan haruslah memiliki standar nasional. Gunakanlah besi yang memang memiliki ukuran sesuai misalnya 8 mm adalah 8 mm. Ada banyak sekali pilihan besi yang bisa kalian pilih tentunya dengan beragam harga dan kualitas yang akan ditawarkan.

Pemilihan batu bata

Material selanjutnya yang harus kalian perhatikan dalam pembangunan adalah batu bata. Batu bata yang harusnya kalian gunakan adalah yang terbuat dari tanah liat dan juga memiliki warna yang kecokelatan. Untuk mengetahui apakah batu bata yang digunakan berkualitas atau tidak ada satu cara mudah yaitu dengan mengetok batu bata. Untuk mengetahui kualitasnya maka ketoklah batu bata tersebut dan jika akan menghasilkan suara nyaring maka gunakan. Batu akan terasa enteng dan tidak mudah hancur. Pemilihan batu bata yang tepat akan dapat membantu dalam keberhasilan pembangunan yang dilakukan.

Pemilihan papan gipsum

Untuk menciptakan sesuatu yang sempurna dalam proses pembangunan selanjutnya adalah dengan pemilihan papan gipsum. Papan gipsum ini menjadi salah satu material yang cukup populer terutama di era sekarang. Untuk mendapatkan papan gipsum yang benar – benar berkualitas dibutuhkan beberapa kriteria salah satunya adalah pemilihan papan yang memiliki permukaan benar – benar lurus atau dapat dikatakan dengan tidak bergelombang.

Pemilihan genteng

Genteng juga menjadi salah satu material yang sangat digunakan yang berfungsi untuk digunakan sebagai penutup sebuah atap rumah. Genteng yang memiliki kualitas baik salah satunya adalah genteng keramik yang sudah banyak terkenal sejak jaman dulu. Ada banyak variasi dari genteng yang bisa dipilih. Tidak boleh sembarangan dalam memilih atap untuk rumah.

Pemilihan keramik

Keramik dijadikan sebagai lantai dalam pembangunan. Keramik memiliki berbagai warna dan corak atau motif. Kalian dapat memilih yang berkualitas untuk sebelumnya digunakan dalam proses pembangunan. Untuk pemilihan keramik perlu memperhatikan beberapa hal yaitu, pilihlah keramik yang tidak meninggalkan bekas jejak saat tertempel tangan, berat yang cukup, tahan pada goresan.

Nah itulah tadi 7 tips yang harus diperhatikan sebelum memilih material pembangunan untuk menghasilkan bangunan yang berkualitas nantinya. Pemilihan material tentunya menjadi hal yang sangat penting dan tak boleh untuk dilewatkan. Pilihlah sesuai dengan kualitas yang benar di setiap materialnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.*

Komentar
Download Aplikasi