Membuat Rumah Idaman Selalu Bersih dan Rapi

Reporter: - Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Selasa, 22 Desember 2020 | 14:37 WIB

201222144028-Membu.jpg

Source: freepik

Ilustrasi - ruangan dalam rumah yang bersih dan rapi.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID – RUMAH yang nyaman tentu rumah dengan keaadan bersih dan rapi. Lantas, siapa yang tak ingin rumah idamannya selalu tampak bersih dan rapi? Terlebih lagi, bagi para ibu rumah tangga, membereskan rumah akan menjadi aktivitas yang bisa dilakukan lebih dari tiga kali dalam sehari.

Melansir dari arsitag, bagaimana menjaga rumah idaman sederhana selalu cantik tanpa harus merepotkan diri bersih-bersih setiap saat? Berikut beberapa tips sederhana untuk membuat rumah idaman minimalis Anda tampak selalu bersih dan rapi.

1. Pisahkan Ruang Pribadi dan Ruang Umum di Rumah

Ruangan yang berada dekat dengan pintu masuk biasanya merupakan ruang publik alias ruang tamu. Ruangan lain seperti ruang makan dan ruang keluarga juga kerap menjadi tempat berkumpul orang-orang. Usahakan semua tempat-tempat itu bebas dari baju bergantung, kertas berantakan, dan barang-barang lain yang memberikan kesan tidak rapi pada rumah idaman modern Anda.

Bagian depan yang pertama kali dilihat tamu ketika datang adalah bagian yang paling harus Anda awasi kebersihannya. Jika memang terdesak harus merapikan sesuatu, sediakan satu ruang khusus (gudang) untuk menyembunyikan barang-barang itu sebelum dirapikan ke tempatnya.

2. Lakukan Hal Simpel Ini Sesering Mungkin

Mencuci piring, meletakkan baju kotor ke keranjang cuci atau sekadar mengembalikan buku ke rak adalah hal-hal yang simpel yang kadang terabaikan. Akibatnya, barang-barang ini menumpuk di tempat yang tidak seharusnya dan membuat ruangan tampak tidak rapi. Lakukan hal-hal kecil ini sesering mungkin. Bukan hanya untuk menjaga kerapihan dan kebersihan, tetapi juga agar Anda tidak terlalu lelah saat mengerjakannya sekaligus.

3. Buang Barang-barang yang Tidak Anda Butuhkan Segera

“Saya mungkin akan butuh baju ini” atau “Buku ini mungkin akan saya perlukan nanti” adalah hal-hal yang sering terbersit ketika sedang beres-beres. Kebiasaan menumpuk barang yang belum tentu akan digunakan membuat rumah Anda penuh. Jika ada barang-barang yang jarang Anda gunakan, simpan saja di gudang alih-alih menumpuknya di salah satu sudut rumah. Lebih bagus kalau Anda mau memberikannya pada yang lebih membutuhkan.

4. Libatkan Orang-orang di Rumah untuk Aktivitas Bersih-bersih

Punya atau tidak punya pembantu, cobalah sesekali ajak anak-anak atau pasangan untuk bersih-bersih. Misalnya, sisihkan waktu 10 menit setelah makan malam. Ini sekaligus akan melatih seluruh anggota keluarga akan tanggungjawab terhadap kebersihan.

5.  Hanya Perabotan yang Boleh Berada di Atas Lantai

Meletakkan tumpukan majalah, mainan, atau buku di lantai jelas akan membuat rumah Anda tampak berserakan. Pastikan hanya lemari, rak buku, dan perabotan lain yang menempel langsung dengan lantai.

6.Letakkan Peralatan Masak yang Benar-benar Anda Butuhkan

Beberapa ibu rumah tangga suka mengoleksi peralatan dapur seperti aneka jenis mangkuk sampai toples yang tak terhitung jumlahnya meski sebenarnya jarang digunakan. Meletakkan koleksi Anda di rak dapur bukanlah pilihan yang tepat. Selain membuat dapur terasa penuh, koleksi Anda juga akan berdebu dan akhirnya rusak. Isi rak Anda hanya dengan peralatan yang benar-benar Anda gunakan setiap hari. Sisanya? Simpan di lemari penyimpanan atau kemas rapi dan taruh di gudang.

7. Hindari Lantai Kotor dengan Memasang Dua Keset

Letakkan dua keset di depan rumah, satu di luar dan satu di dalam. Dengan begitu, kotoran tidak menyebar ke lantai Anda dan di seluruh rumah Anda (ada dua keset yang menyaringnya). Karena sebagian besar tamu melihat ruangan langsung dari pintu depan terlebih dahulu, keset memberi kesan rumah terlihat bersih secara keseluruhan.*

Komentar
Download Aplikasi