Friday , 14 May 2021

Sang Legenda Dalang Asep Sunandar Sunarya


  • Video Editor :
  • Voice Over :

18NEWS.ID - Asep sukana atau asep sunandar sunarya. Seorang maestro wayang golek di Indonesia, lahir di desa Jelekong Baleendah Bandung Jawa Barat tahun 1955. Asep Sunandar Sunarya lahir dari pasangan abah Sunarya dan Cucun Jubaedah.

Orang tuanya adalah pemilik padepokan wayang golek giriharja di Bandung Selatan. Ia adalah putra ke tujuh dari tiga belas bersaudara. Tahun 1972 ia kerap diundang mendalang di berbagai hajatan di wilayahnya. Di tahun 1978 sempat mengikuti festival dalang se Jawa Barat dan berhasil meraih juara satu. Selain dari ayahnya,  ia pun belajar mendalang dari dalang Cecep Supriadi dan mengikuti penataran yang diselenggarakan oleh RRI Bandung.

Pada tahun 1986  lewat ciri khas dan kepiawaiannya dalan mengolah gerak wayang juga tampilan humornya, ia mendapat mandat dari pemerintah menjadi duta kesenian untuk amerika. Tahun 1989 ia kembali menggelar pementasan wayang golek di amerika serikat dan di tahun 1992 ia  mengikuti festival wayang di perancis. Atas prestasinya tersebut ia diundang menjadi dosen luar biasa di institute international de la mariotte di charleville perancis. Tahun 1994, Asep melakukan tur pementasan wayang golek keliling Eropa.

Namanya semakin dikenal ketika membawakan program di salah satu televisi swasta di indonesia bertajuk Asep Show. Di program ini asep membawa tokoh Si Cepot. Selain itu ia pun berkolaborasi dengan para komedian lainnya seperti Komeng, Jojon, Malih, Bolot  dan sebagainya. Di masa tuanya, Asep lebih banyak menjadi pendakwah, meski diselingi canda gaya wayang. Asep sunandar sunarya meninggal pada 31 maret tahun 2014 di usia 58 tahun.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi