Friday , 14 May 2021

Koreografer Berbakat dari Indonesia, Terkanal hingga Mancanegara


210430142713-koreo.jpg

Source: instagram.com/didikninithowok

Ilustrasi koreografer tari.*

18NEWS.ID, Bandung – Kehidupan seni merupakan sebuah wacana, ketika seni itu dapat dikatakan hidup, tumbuh dan berkembang apabila dibangun oleh beberapa unsur yang saling memberi dampak terhadap kehidupan seni itu sendiri.

Perkembangan dan pertumbuhan seni, khususnya tari di Indonesia turut dipengaruhi oleh koreografer-koreografer yang berasal dari kebudayaan itu sendiri. Banyak koreografer Indonesia yang terkenal bukan hanya di tanah air saja melainkan hingga mancanegara diantaranya:

Eko Pece

Koreografer Tari, Eko Pece. Source: instagram.com/ekopece

Mungkin tak banyak yang tahu siapa Eko Pece, yang mendapat julukan 'Pece' saat kuliah, akibat kegemarannya mengenakan kacamata hitam. Sosoknya yang rendah hati, tak banyak bicara dan bergaya biasa saja mungkin akan membuat banyak orang tak menyangka prestasi besar yang sudah ia persembahkan untuk dunia seni, khususnya tari di Indonesia.

Penari sekaligus koreografer terkemuka yang namanya mulai dikenal hingga ranah internasional sejak keterlibatannya sebagai penata tari untuk 268 kali konser Madonna di berbagai negara pada tahun 2001.

Eko Pece juga pernah mendapatkan kepercayaan membuat koreografi 1600 penari dalam pembukaan Asean Games tahun 2018 dan aktif terlibat dalam penggarapan beberapa film dengan unsur tari. Dalam bidang akademis, Eko yang telah berhasil meraih gelar doktor, saat ini juga menjalani hari sebagai salah satu pengajar di Universitas Seni indonesia

Eko bukan orang baru di kancah seni tari. Ia mewarisi darah seni dari kakeknya, Djojoprayitno, seorang penari wayang orang di tahun 80-an. Namun seni yang pertamakali ia pelajari bukanlah menari, melainkan bermain silat, di usia 7 tahun.

Eko yang lahir 26 November 1970 ini belajar dari dua guru tari: Kahari dan Alit Maryono. Ia kemudian mempelajari tari kuda lumping di usia SMP. Selepas menamatkan kuliah di STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Surakarta tahun 1997, ia kemudian melanjutkan pendidikan ke Department World Arts and Culture di UCLA, California (1998-2001).

Tak cukup sampai di situ, ia pun meneruskan ke program Phd di universitas yang sama, dan menyelesaikannya di tahun 2008. sedang mengambil program S3 di UGM, jurusan Kajian Seni Pertunjukan, sambil menjalani hari-harinya sebagai tenaga pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI, yang dulunya STSI).

Didik Ninik Thowok

Koreografer tari, Didik Hadiprayitno atau lebih dikenal Didik Nini Thowok. Source: instagram.com/didikninithowok

Didik Hadiprayitno atau lebih dikenal Didik Nini Thowok lahir di kota Temanggung Jawa Tengah pada tanggal 13 November 1954. Didik menyelesaikan pendidikan seninya di Institut Seni Indonesia pada tahun 1982, sekarang menjabat sebagai direktur Lembaga Pendidikan Kejuruan Tari Natya Lakshita Dance School dan Didik Nini Thowok Entertainment.

Didik Nini Thowok terkenal karena keunikannya dalam memadukan tarian klasik, rakyat, modern dan komedi. Satu dari sedikit seniman yang menampilkan tari tradisional lintas gender. Keahliannya menjiwai karakter perempuan dalam berbagai tarian daerah seperti tari topeng, Sunda, Cirebon, Bali, dan Jawa Tengah, hal ini terkadang membuat penonton kebingungan menentukan jenis kelamin penarinya. Didik Nini Thowok merupakan penari papan atas dunia.

Didik Nini Thowok sangat terkenal sebagai penari dari Indonesia dengan multi talentnya seperti menari, pengajar, aktor, mimer, make up artis, komedian dan penyanyi. Dia dikenal interpretasinya dalam tarian tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia dengan kemurnian gerakan karya Didik Nini Thowok sendiri yang telah diakui secara Internasional.

Didik Nini Thowok memiliki segudang prestasi yang diakui dunia berupa award yang pernah diterimanya dan hasil karyanya yang sangat banyak yang pernah ia produksi termasuk artikel, tarian tradisional, tarian komedi, tarian tradisional multinasional , kolaborasi multinasional, penampilan internasional, dan puluhan D’oude couple di seluruh dunia.*

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi