Friday , 14 May 2021

Kang Ibing Legenda Lawak Indonesia


  • Video Editor :
  • Voice Over :

18NEWS.ID - Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata, lebih dikenal dengan panggilan Kang Ibing, seorang seniman kelahiran sumedang 20 juni 1946.

Ibing kecil adalah  anak nakal dan tak bisa diam. Ada saja ulah nakal yang dilakukannya. Salah satunya mencat kambing tetangga. Selepas lulus dari SMA 4 Bandung, ia pun masuk Universitas Padjadjaran jurusan Sastra Rusia. Semasa kuliah, Kang Ibing pernah menjabat sebagai ketua kesenian daya mahasiswa sunda atau damas, penasihat departemen kesenian UNPAD, dan sempat juga menjadi asisten dosen di Fakultas Sastra. Karier senimannya sebagai pelawak profesional dimulai sejak tahun 1970, saat tergabung dengan group lawak d’kabayan, bersama Aom Kusman, Suryana Fatah, Wawa Sofyan, dan Ujang.

Sejak terkenal sebagai pelawak, Kang Ibing mendapat tawaran main film di tahun 1975, berjudul si kabayan/ arahan sutradara Tutty Suprapto. Selain bermain film, ayah tiga orang anak ini pun kerap menjadi  bintang iklan. Sejak itulah sosok kabayan sangat melekat pada dirinya. Di usianya yang tak lagi muda, Kang Ibing tetap berkarya, tetap dengan gaya bodornya ia menjadi pengamat sepakbola di harian pikiran rakyat. Selain itu ia juga aktif sebagai pendakwah. Kamis tanggal 19 agustus tahun 2010 Kang Ibing meninggal dunia.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi