Saturday , 31 July 2021

Mengenal Kebudayaan Tionghoa Lewat “Kampung Ketandan” Yogyarkarta


210528133123-menge.jpg

Source: instagram.com/jogjabikinlaper

Kampung Ketandan di Yogyakarta.*

18NEWS.ID – Kampung Ketandan adalah sebuah kawasan pecinaan yang berada di pusat kota Yogyakarta, lebih tepatnya terletak di kawasan Malioboro. Kampung ketandan ini sendiri berada di tengah tengah pusat perbelanjaan serta sentra wisata dan bersanding dengan adat budaya Yogyakarta, disini pula masih banyak rumah rumah kuno ber arsitektur ala tionghoa, walaupun saat ini sudah mulai tergerus era moderenisasi.

Nah jika kalian berkunjung ke Malioboro dan berjalan hingga ke selatan kalian akan menemukan kampung ketandan ini di sebelah kiri jalan. Dengan gapura besar yang di hiasi ornament naga ala tionghoa, tak hanya disitu, begitu kalian masuk ke arah timur kalian akan di suguhkan bangunan ala pecinan jaman dahulu.

Masyarakat tionghoa di Yogyakarta sendiri sudah ada sejak 200 tahun lalu, dan kebanyakan menempeti kawasan Malioboro seperti kampung Ketandan, kampung Beskalan, dan kampung Pajeksan. Dahulu kawasan ini terkenal sekali dengan took took emas serta perhiasan, bahkan saat ini kalian masih bisa menemui toko toko tersebut di jalan Ketandan.

Pada tahun 2006 masyarakat Ketandan mengadakan event yang di gelar tiap tahun, seminggu setelah hari raya Imlek, event ini berjudul Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Kalian yang ingin berwisata ke kota Yogyakarta dengan suasana Chinatown yang khas, kalian dapat berkunjung ke kampung ketandan saat diadakannya event ini.

Event tahunan budaya Tionghoa di Yogyarkarta. Source: instagram.com/bagus_mahendra

Event Tahunan ”Pekan Budaya Tionghoa Yonggakarta”

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta adalah acara tahunan yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mengenal akulturasi seni budaya tionghoa. Berbagai sajian menarik bisa ditemukan di acara pekan budaya tianghoa Mulai dari Malioboro Imlek Carnival, Yogyakarta Dragon Festival, Wayang Potehi,serta  Pemilihan Cici Koko Yogyakarta, hingga stand bazar dan kuliner khas Tionghoa

Di tahun 2020 gelaran pekan budaya tionghoa bertemakan Yogyakarta Chinese Art and Culture Center,tujuan nya ingin menunjukkan warna-warni kebudayaan serta keindahan Indonesia.

Suasana kuliner khas Tionghoa. Source: instagram.com/keliek_soegiarto

Sejarah Kampung Ketandan

Perkembangan Daerah Istimewa Yogyakarta tidak lepas dari perkembangan kaum Tionghoa di sana. Jika melihat jejak yang ada, sampai saat ini masih ada sejumlah lokasi di Yogyakarta yang dikenal dengan pecinan, yaitu Ketandan, Pajeksan, Patuk, dan sejumlah lokasi lainnya.

Salah seorang tokoh Tionghoa di Ketandan, Tjundaka Prabawa mengungkapkan, kawasan Ketandan tidak lepas dari sejarah Tan Jin Sing antara tahun 1760-1831. Dia merupakan tokoh Tionghoa yang diangkat sebagai bupati dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung Secadiningrat.

Menurutnya, dari penelusuran yang dilakukannya di Belanda, diketahui ada sebuah peta Yogyakarta pada masa Tan Jin Sing hidup. Saat itu ada sebuah rumah dengan arsitektur Jawa, Eropa, dan China milik Tan Jin Sing sepanjang sekira 700 meter.*

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi