Saturday , 31 July 2021

Kesenian Kemprongan, Ajang Mencari Jodoh?


200706154414-kesen.jpg

Sumber foto: old.bingkaiwarta.com

18NEWS.ID - Pertunjukan Kemprongan yang berasal dari Desa Sidaraja Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan digelar setelah selesai panen. Pertunjukan ini biasanya digelar hingga tengah malam bahkan sering juga hingga menjelang shubuh. Pertunjukan dilakukan di tanah lapang atau arena terbuka yang dikelilingi pohon. Biasanya, cahaya yang digunakan untuk menerangi pertunjukkan berasal dari oncor/obor yang disimpan di tengah-tengah lapangan.

Kesenian ini mengutamakan unsur gerak tari dan karawitan. Jumlah pemain dalam kesenian ini biasanya berjumlah 15 orang. Terdiri dari 10 orang wiyaga, 4 orang ronggeng atau lebih yang berfungsi sebagai penari dan 1 orang sebagai pemimpin rombongan dan seorang jawara pencak silat.

Gamelan yang dipergunakan terdiri dari 2 saron barung, 1 penerus, 1 bonang barung, 1 gambang, rebab, seperangkat kendang, 1 ketuk, 1 kecrek dan seperangkat gong (1 gong besar, 1 gong kecil).

Belum ditemukan data resmi sejak kapan seni Kemprongan ini mulai muncul dan siapa pelopornya.Namun pada awal abad ke-19 sampai tahun 1942 sempat tercatat beberapa pelaku seni kemprongan, yaitu Arsita, Sasmita Gumor, dan Wiriadi Sastra.

Pada saat pertunjukan, setiap ronggeng memperlihatkan kebolehannya menari. Semua ronggeng menawarkan selendang kepada penonton pria, yang kemudian saling berebutan. Dalam adegan ini sering terjadi keributan kecil, karena diantara mereka kadang tidak kebagian pasangan. Setelah itu, datanglah sang jawara dengan gerak tari yang dikombinasikan dengan pencak silat.

Sang jawara tiba-tiba menghentikan pertunjukan dengan mengambil gendang kecil. Pertunjukan pun otomatis terhenti. Saat itulah seorang wiyaga membujuk agar gendang dikembalikan. Gendang tersebut baru akan dikembalikan setelah punduh memberinya sejumlah uang, dan pertunjukan pun berlanjut.

Uniknya, selain pagelaran kesenian, pertunjukan ini juga berfungsi sebagai ajang cari jodoh antara ronggeng-ronggeng kemprongan dengan penonton yang berminat mencari jodoh.

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi