Friday , 14 May 2021

Mengenang Permainan Tradisional Jawa Barat


Thumbnail: Doc. [email protected]_sumut

Ilustrasi - Permainan Jajangkungan atau yang biasa disebut Egrang.*

18NEWS.ID,-- Permaianan tradisional Jawa Barat bukan permainan biasa.  Permaianan tersebut dapat menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas anak, sebab berorientasi pada peningkatan kecerdasan anak, terutama pada anak usia dini. Biasanya permainan dimainkan  menjelang sore hari  bisa di halaman rumah  atau lapangan.

Namun zaman sekarang pemandangan seperti itu sudah jarang terlihat mungkin karena di zaman sekarang anak-anak asyik sendiri dengan dunia maya dan permainan yang berbasis teknologi.

Berikut beberapa daftar Permainan Tradisional Jawa Barat yang jaya pada masanya:

1. Jajangkungan

Jajangkungan dikenal juga dengan nama egrang  kedua kaki pemain harus naik ke atas titian bambu  menjaga keseimbangan badan  kemudian berjalan atau berlari.

2. Congkak

Congkak adalah permainan tradisional dengan alat kerikil dan lubang-lubang  lubangnya bisa terbuat dari bahan plastik atau tanah kerikil tersebut dipindahkan dari lubang ke lubang sampai kerikil yang diambil habis.

3. Ngadu Kaleci

Ngadu kaleci atau kelereng merupakan permainan tradisional sunda yang sangat populer  permainan ini biasa dilakukan oleh anak laki-laki

Kelereng disimpan di dalam lingkaran dengan jumlah pasangan yang sama  kemudian mereka bergiliran menembaknya dengan kelereng yang ada ditangannya.

4. Ucing-ucingan

Ucing-ucingan adalah permainan kejar-kejaran  bisa dimainkan beberapa anak atau  perorangan  sebelum salah satu dinyatakan ucing  biasanya dinyanyikan dulu lagu kacang-kacang panjang  kacang pendek  atau cingciripit.

Ucing harus mengejar dan menyentuh peserta lainnya  yang sudah tersentuh maka ikut jadi ucing  begitu seterusnya sampai semuanya berhasil disentuh ucing.

Itulah macam-macam kaulinan barudak lembur  atau permainan tradisional sunda zaman dulu,  beberapa jenis permainan itu masih  ada yang bertahan   bahkan di beberapa daerah  sering dimainkan dalam perayaan hari kemerdekaan republik Indonesia.

 

Artikel Yang Mungkin Anda Suka

Download Aplikasi