23 Desember 2002: Timnas Indonesia Cetak 13 Gol ke Gawang Filipina

Reporter: Mohammad Aziz Pratomo - Editor: Mohammad Aziz Pratomo

Rabu, 23 Desember 2020 | 13:56 WIB

201223135842-23-De.jpg

source: Doc. AFF Suzuki Cup

Selebrasi Bambang Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Filipina pada Tiger Cup 2002.*

Rectangle Bodytext (300x100)

18NEWS.ID,-- SEPAK BOLA merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, sudah ada sejak abad ke 2 sebelum masehi. Sampai saat ini olahraga ini sangat digemari, belahan dunia mana yang tidak mengetahui sepak bola? Begitupun Indonesia sangat mengapresiasi kegiatan olahraga ini.

Berbagai kejuaran dilaksanakan, baik kelas dunia, benua hingga daerah. Tercatat banyak sejarah di dalamnya, salah satunya di Indonesia tepatnya pada tanggal 23 Desember 2002, asosiasi sepak bola nasional Indonesia dan Filipina berhadapan satu sama lain dalam pertandingan 2002 Tiger Cup. Pertandingan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Indonesia. Pertandingan tersebut dikenang sebagai pertandingan yang bersejarah bagi rakyat Indonesia, karena permainan tersebut menghasilkan 14 gol: 13 gol untuk Indonesia, dan sebuah gol untuk Filipina.

Indonesia memulai pertandingan dengan sangat gesit. Saking hebatnya, Indonesia mampu mencetak 7 gol di babak pertama. Para suporter tim nasional Indonesia merasa tidak percaya akan terjadinya pertandingan tersebut. Indonesia memimpin dengan skor 7–0.

Di babak kedua, Indonesia mencetak 6 gol, tetapi dibalas Filipina dengan sebuah gol. Indonesia tetap di peringkat kedua dengan 8 poin, dibawah tim nasional Vietnam dengan 10 poin, diikuti tim nasional Myanmar di peringkat ketiga dengan total poin hanya berbeda satu dengan Indonesia. Sedangkan Filipina berada dalam peringkat terendah dengan total poin 0.

Dua penyerang timnas Indonesia, Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif, menjadi dua pilar penyumbang gol terbanyak di mana masing-masing mencetak empat gol.

Sementara itu, sisa gol untuk timnas dicetak oleh Budi Sudarsono, Imran Nahumarury, Bejo Sugiantoro (dua gol), dan gol bunuh diri Soldman Licuanan.*

Komentar
Download Aplikasi
>